Tema                          : ALAT TRANSPORTASI
 
 
 
 
 
 
 
Alokasi
Waktu           : 1 Minggu
Kelas/Semester          : III/ 2
Bulan/Minggu
ke-     : April / I
| 
KOMPONEN | 
BAHASA
  INDONESIA | 
MATEMATIKA | 
AGAMA | 
SAINS | 
STUDI
  SOSIAL | 
SENI | 
KEWARGANEGARAAN | |
| 
Tujuan | 
v 
  Menyimak isi cerita atau wancana tentang ”Transportasi”. 
v 
  Mengkomunikasikan sendiri tentang pengalaman pada saat naik kendaraan. 
v 
  Memberikan jawaban atau tanggapan tentang
  cerita yang disajikan. 
v 
  Membuat karanagan sederhana dengan
  menggunakan kalimat sederhana tentang
  transportasi. | 
v  Menghitung kendaraan
  yang dimiliki dirumah jika ada. 
v  Membuat perkiraan sederhana jumlah
  kendaraan yang ada dilingkungan sekolah. 
v  Membedakan berbagai
  bangun datar dari macam-macam transportasi | 
v 
  Menyakini keberadaan ALLAH SWT yang
  menciptakan makhluk hidup. 
v 
  Menunjukan akhlak yang baik (terpuji) dan memiliki rasa setia kawanan. 
v 
  Mengenal dan mendengarkan ayat Al-Qur’an
  tentang alat transportasi 
v 
  Menyimpulkan apa yang terjadi jika ALLAH SWT
  tidak menciptakan alat
  transportasi. 
v 
  Memperagakan berbagai bentuk syukur nikmat
  atas karunia ALLAH SWT berupa akal
  kepada manusia yang membuat alat transportasi | 
v  Menyusun deskripsi bentuk bumi dan
  bentuk permukaan bumi. 
v  Membuat perkiraan sederhana akibat
  yang ditumbulkan jika tidak ada lautan,gunung,danau dsb. 
v  Menyimpulkan percobaan peristiwa
  terbentuknya gunung dan bukit. 
v  Membuat laporan sederhana tentang
  danau, baik danau buatan maupun danau alami, | 
v  Menyimpulkan alasan orang gemar
  naik kendaraan. 
v  Menjelaskan tempat orang menjual
  dan membeli alat transportasi. 
v  Membuat laporan sederhana tentang
  proses pendistribusian, perjualan dan pembelian alat transportasi. | 
v  Membuat dengan menjiplak dari
  gambar macam-macam transportasi. 
v  Mengamati cara menggunakan alat
  transportasi. 
v  Membuat karya seni dari beberapa
  benda yang sudah tidak terpakai menjadi alat transportasi sederhana. 
v  Memainkan alat perkusi sambil
  bernyanyi “kereta api”. 
v  Membuat syair atau sajak sederhana
  tentangtransportasi. 
v Menyanyikan lagu sederhana dengan
  tema transportasi. | 
v Mengamati tentang kepekaan sosial
  orang terhadap alat transportasi tradisional dan modern 
v Menyimpulkan alasan mengapa orang
  tidak peduli / tidak mau menggunakan alat transportasi tradisional 
v Menyimpulkan perlunya
  aturan-aturan yang berlaku masyarakat sekitar tentang cara mengendarai alat
  transportasi. 
v Menunjukkan perilaku terpuji dan
  setia kawanan. | |
| 
Konsep | 
v  Menentukan kata atau kalimat dari
  suatu wancana. 
v  Menggunakan kalimat yang benar
  dalam berkomunikasi. 
v  Menggunakan kata dan kalimat tanta
  yang benar. 
v  Menyusun gambar bagian
  transportasi dan namanya. 
v  Menemukan kosa kata yang berkaitan
  dengan transportasi. 
v  Mengungkapkan sesuatu dengan
  tuliasan atau karangan. | 
v Menemukan dan melakukan operasi
  hitung. 
v Membuat perkiraan atau estimasi
  sederhana tentang jumlah dan luas. 
v Menentukan dan membandingkan
  berbagi bentuk geometris. | 
v ALLAH SWT memerintahkan agar
  manusia bekerja keras. 
v ALLAH SWT memberikan akal kepada
  manusia, agar dimanfaatkan dengan baik. 
v Manusia menciptakan alat
  transportasi dari akal yang dibeikan oleh Allah. | 
v Bumi memiliki bentuk bulat yang
  memapat pada bagian kutubnya. 
v Bentuk permukaan bumi berupa
  dataran dan peraian. 
v Dataran terdiri atas gunung,
  lembah, jurang, tebing dsb. 
v Setiap warna yang berbeda pada
  peta yang memiliki arti yang berbeda | 
v Menemukan keragaman alasan orang
  dalam melakukan tindakan. 
v Menemukan lokasi tempat terjadinya
  kegiatan ekonomi. 
v Menemukan hubungan antara daerah
  dan sebaran transportasi. 
v Menemukan cara-cara pengendalian
  proses distribusi tramsportasi | 
v Menemukan cara orang dalam
  menjiplak dengan benar. 
v Menggunakan alat-alat rumah tangga
  yang sudah tidak terpakai untuk memainkan alat musik. 
v Menggunakan tarian- tarian sederhana
  pada lagu.  
v Menyusun syair lagu karangan
  sendiri.. | 
v Mebiasakan diri bertanggung jawab
  menjaga tramsportasi dari kejahatan orang yang ingin merusak transportasi
  sebagai wujud kecintaan terhadap makhluk hidup. 
v Menemukan keragaman kepekaan
  sosial dari setiap individu dalam melakukan 
  suatu tindakan. 
v Menemukan aturan-aturan yang
  berlaku dimasyarakat sekitar tentang pemeliharaan transportasi 
v Membiasakan diri melakukan
  tindakan terpuji di lingkungan rumah dan sekolah | |
| 
Standar
  Kompetensi | 
SK 
·      
  Mendengarkan 
1.    Memahami cerita dan teks drama
  anak yang dilisankan. 
·      
  Berbicara 
2.   
  Mengungkapkan
  pikiran, perasaan, pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan bercerita. 
·      
  Membaca 
3.     
  Memahami
  teks dengan membaca intensif(150-200 kata) dan membaca puisi  
·      
  Menulis 
4.          
  Mengungkapkan
  pikiran, perasaan, dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi. | 
SK 
Bilangan  
1. 
  Melakukan
  operasi hitung bilangan sampai tiga angka 
Geometri dan
  Pengukuran 
2.  Menggunakan pengukuran waktu,
  panjang, dan berat dalam pemecahan masalah | 
SK 
1.  
  Mengenal
  ayat–ayat Al-Qur’an 
2.  
  Mengenal
  sifat mustahil Allah 
3.  
  Membiasakan
  prilaku terpuji 
4.  
  Melakukan
  shalat fardhu. | 
SK 
1.   
  Memahami
  berbagai cara gerak benda 
2.   
  Menerapkan
  konsep energi gerak 
3.   
  Memahami
  kenampakan bumi, cuaca dan pengaruhnya bagi manusia, serta hubunganya dengan
  manusia memelihara dan melestarikan alam. | 
SK 
1.    
  Memahami
  jenis pekerjaan dan penggunan uang. | 
SK 
1.    
  Membuat
  syair atau sajak sederhana sederhana. | 
SK  
1.        
  Memiliki
  kebanggaan sebagai bangsa indonesia. | |
| 
Kompetensi
  Dasar | 
KD 
5.1        
  Memberikan
  tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang didengarnya. 
5.2    
  Menirukan
  dialog dengan ekspresi yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang
  didengarnya. 
1.1 Melakukan percakapan melalui
  telephone/alat komunikasi sederhana dengan menggunakan kalimat ringkas. 
6.2 Menceritakan peristiwa yang pernah
  dialami, dilihat, atau didengar.. 
7.1    
  Menjawab
  atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks panjang (150-200 kata) yang
  dibaca secara intensif. 
7.2    
  Membaca
  puisi dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat. 
8.1     
  Menulis
  karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan
  kaliamat yang tepat dengan memperhatikan penggurarangan ejaan, huruf kapital,
  dan tanda titik. 
8.2     
  Menulis
  puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik. | 
KD 
3.1    
  Mengenal
  pecahan sederhana. 
3.2    
  Membandingkan
  pecahan sederhana. 
3.3    
  Memecahkan
  masalah yang berkaitan dengan pecahan sederhana. 
4.1    
  Mengidentifikasi
  berbagai bangun datar sederhana menurut siat atau unsurnya. 
4.2    
  mengidentifikasi
  berbagai jenis dan besar sudut. 
5.1    
  Menghitung
  keliling dan persegi panjang. 
5.2    
  Menghitung
  luas persegi dan persegi panjang. 
5.3    
  Menyelesaikan
  masalah yang berkaitan dengan keliling, luas persegi dan persegi panjang. | 
KD 
5.1        
  membaca
  huruf Al-Qur’an 
1.2.   
  menulis
  huruf Al-Qur’an 
6.1 menyebutkan sifat mustahil Allah swt. 
6.2    
  mengartikan
  sifat mustahil Allah swt. 
7.1 menampilkan
  perilaku setia kawan. 
7.2
  Menampilkan perilaku kerja keras. 
7.3
  menampilkan perilaku penyanyang pada hewan 
7.4
  menampilkan perilaku penyanyang terhadap lingkungan. 
8.1
  menyebutkan shalat fardhu. 
8.2mempraktikkan
  shalat fardhu. | 
KD 
5.4    
  menyimpulkan
  hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran. 
5.5    
  Mendeskripsikan
  hasil pengamatan tentang pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam
  kehidupan sehari-hari. 
5.6    
  Mengidentifiksi
  sumber energi dan kegunaannya. 
5.1    
  Membuat
  kincir angin untuk menunjukkan bentuk energi angin dapat diubah menjadi
  energi gerak. 
5.2    
  Menerapkan
  cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari. 
6.1     
  Mendeskripsikan
  kenampakan permukaan bumi dilingkungan sekitar. 
6.2     
  Menjelaskan
  hubungan antara keadaan awan dan cuaca. 
6.3     
  Mendeskripsikan
  pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia. 
6.4     
  Mengidentifikasi
  cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam dilingkungan sekitar | 
KD 
2.1    
  Mengenal
  jenis-jenis pekerjaan. 
2.2    
  Memahami
  pentingnya semangat kerja. 
2.3    
  Memahami
  kegiatan jaual beli di lingkungan rumah dan sekolah. 
2.4    
  Mengenal
  sejarah uang. 
2.5    
  Mengenal
  penggunaan uang sesuai dengan kebutuhan. | 
KD 
1.2
  Menyanyikan lagu sederhana  | 
KD 
4.1    
  mengenal
  kekhasan bangsa indonesia seperti bhineka tungga ika, peristiwa alam dsb. 
4.2    
  Menampilkan
  rasa bangsa sebagai anak Indonesia. | |
| 
Indikator | 
·      menceritakan kembali wacana
  tentang alat transportasi “Kereta Api” 
·       dapat menyebutkan tokoh yng
  terdapat dalam wacana 
·      menceritakan pengalamannya tpada
  saat naik kendaraan. 
·      dapat menyebutkan cara menggunakan
  kendaraan. 
·      dapat membaca wacana tentang “transportasi“
  didepan kelas dengan lafal dan intonasi yang tepat. 
·      dapat menuliskan cerita
  pengalamannya tentang alat-alat transportasi dilingkungan rumahnya. | 
·      dapat menghitung jumlah alat
  transportasi yang berada dilingkungan sekolah  
·      dapat menghitung  yang berada dilingkungan rumah 
·      dapat menghitung satuan hewan
  dalam satuan berat. 
·      Dapat menghitung keliling, luas
  pada persegi dan persegi panjang  
. | 
·      membaca surat al-fatihah untuk
  mensyukuri nikmat Allah SWT 
·      menulis surat al-fatihah 
·       dapat menyebutkan l sifat mustahil
  bagi Allah. 
·       Dapat berprilaku setia kawan di
  lingkungan mana saja. 
·       Dapat menampilkan perilaku baik
  terhadap lingkungan sekitar. 
. | 
·      dapat menyebutkan pengaruh energi
  panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari. 
·      Dapat menyebutkan sumber energi
  dan kegunaannya. 
·      Dapat menunjukkan bentuk energi
  angin yang dapat diubah menjadi energi gerak. 
·      Dapat menerapkan cara menghemat
  energi dalam kehidupan sehari-hari 
·      Dapat menyebutkan kenampakan
  permukaan bumi dilingkungan sekitar. | 
·      dapat menyebutkan jenis-jenis
  pekerjaan 
·      dapat memahami pentingnya semangat
  kerja. 
·      \dapat mempraktikkan kegiatan jual
  beli di lingkungan rumah dan sekolah. | 
·      menyanyikan lagu dengan tema alat
  transportasi “Kereta Api” 
·      memainkan alat musik perkusi 
·      Melakukan tarian sederhana
  bertemakan kereta api | 
·     
  Mengidentifikasi
  keanekaragaman kekhasan budaya Indonesia. 
·     
  Mengidentifikasi
  kekayaan alam dan kekhasan bdaya Indonesia 
·     
  Memiliki
  rasabangsa sebagai anak Indonesia yang memilikikeanekaragaman dan kekhasan
  budaya serta kekayaan alam yang begitu banyak. | |
| 
Kegiatan
  Pembelajaran | 
1.     
  Kegiatan Awal 
Apersepsi/Motivasi
  : 
·      Mengisi daftar kelas, berdoa,
  mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga. 
·      Memperingatkan cara duduk yang
  baik ketika menulis, membaca. 
·      Mengumpulkan tugas/PR 
2.     
  Kegiatan Inti 
v Eksplorasi 
Dalam
  kegiatan eksplorasi, : 
·      Siswa dapat mengamati gambar alat
  transportasi  
·      Menyanyikan lagu “ cicak-cicak
  didinding” 
·      Siswa menceritakan dengan kalimat
  sederhana isi dari gambar tersebut. 
·      Siswa dan guru Melakukan tanya jawab
  tentang ciri –ciri transportasi 
·      Siswa mendengarkan penjelasan guru
  tentang cara membaca puisi bertemakan alat transportas. 
v Elaborasi  
Dalam kegiatan elaborasi : 
·      Siswa menyebutkan jenis-jenis alat
  transportasi yang sering digunakan manusia. 
·      Siswa membacakan puisi dengan
  intonasi yang benar dan penuh ekspresi didepan kelas 
·      Guru memberi kesempatan untuk
  berfikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
  takut. 
v Konfirmasi 
Dalam
  kegiatan konfirmasi, : 
·      Guru bertanya jawab tentang hal-hal
  yang belum diketahui siswa. 
·       Guru bersama siswa bertanya jawab
  meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan. 
3.     
  Kegiatan Akhir 
·      Evaluasi | 
1.   
  Kegiatan Awal 
Apersepsi/Motivasi
  : 
·      Mengisi daftar kelas, berdoa,
  mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga. 
·      Memperingatkan cara duduk yang
  baik ketika menulis, membaca. 
·      Mengumpulkan tugas/PR 
2.   
  Kegiatan Inti 
v Eksplorasi 
Dalam
  kegiatan eksplorasi : 
·      Siswa dapat mengamati jenis-jenis
  alat transportasi yang berada dilingkungan sekolah. 
·      Siswa mendengarkan penjelasan
  guru. 
v Elaborasi 
Dalam kegiatan elaborasi : 
·      Siswa dapat menyebutkan jumlah
  alat transportasi yang berada dilingkungan sekolah. 
·      Guru memfasilitasi peserta didik
  melalui pemberian tugas,  baru baik
  secara lisan diskusi, dan lain-lain, untuk memunculkan gagasan baru baik
  secara lisan maupun tertulis 
v Siswa mengamati, tanya jawab dan
  praktek langsung menghitung jumlah kendaraanyang sering digunakan manusia
  dikehidupan sehari-hari 
v Konfirmasi 
Dalam kegiatan konfirmasi,: 
·      Guru bertanya jawab tentang
  hal-hal yang belum diketahui siswa. 
·      Guru bersama siswa bertanya jawab
  meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan 
3.   
  Kegiatan Akhir 
·      Evaluasi | 
1.   
  Kegiatan Awal 
Apersepsi/Motivasi
  : 
·      Mengisi daftar kelas, berdoa,
  mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga. 
·      Memperingatkan cara duduk yang
  baik ketika menulis, membaca. 
·      Mengumpulkan tugas/PR 
2.   
  Kegiatan Inti 
v Eksplorasi 
Dalam
  kegiatan eksplorasi, : 
·  Siswa dapat mengamati kebesaran
  Allah SWT yang telah menciptakan alam semesta begitu indah. 
·  Siswa mendengarkan penjelasan guru
  mengenai tentang sifat mustahil allah 
v Elaborasi 
Dalam kegiatan elaborasi, : 
·  Siswa dapat membaca surat
  al-fatihah dengan baik 
·  Siswa dapat menulis surat
  alfatihah dengan benar. 
·  Siswa dapat menyebutkan  sifat mustahil allah 
·  Siswa dapat menyebutkan arti dari
  sifat mustahil allah. 
v Konfirmasi 
Dalam
  kegiatan konfirmasi,: 
·      Guru bertanya jawab tentang
  hal-hal yang belum diketahui siswa. 
·      Guru bersama siswa bertanya jawab
  meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan. 
3.   
  Kegiatan Akhir 
·      Evaluasi | 
1.   
  Kegiatan Awal 
Apersepsi/Motivasi
  : 
·      Mengisi daftar kelas, berdoa,
  mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga. 
·      Memperingatkan cara duduk yang
  baik ketika menulis, membaca. 
·      Mengumpulkan tugas/PR 
2.   
  Kegiatan Inti 
v Eksplorasi 
Dalam
  kegiatan eksplorasi : 
·        
  Siswa
  dapat mengamati gambar permukaan bumi. 
·        
  Siswa
  menyanikan lagu “bintang kecil” 
·        
  Siswa
  mendengarkan penjelasan guru bentuk permukaam bumi. 
v Elaborasi 
Dalam kegiatan elaborasi,: 
·          
  Siswa
  dapat menyebutkan bentuk permukaan bumi 
·          
  Siswa
  dapat menyebutkan macam bentuk permukaan bumi. 
·          
  Guru
  memfasilitasi siswa berkompetensi secara sehat untuk meningkatkan prestasi
  belajar 
·          
  Siswa
  dapat membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis
  secara individual maupun perkelompok. 
v Konfirmasi 
Dalam
  kegiatan konfirmasi, : 
·      Guru bertanya jawab tentang
  hal-hal yang belum diketahui siswa. 
·      Guru bersama siswa bertanya jawab
  meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan. 
3.   
  KegiatanAkhir 
·      Evaluasi | 
1.   
  Kegiatan Awal 
Apersepsi/Motivasi
  : 
·      Mengisi daftar kelas, berdoa,
  mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga. 
·      Memperingatkan cara duduk yang
  baik ketika menulis, membaca. 
·      Mengumpulkan tugas/PR 
2.   
  Kegiatan Inti 
v Eksplorasi 
Dalam
  kegiatan eksplorasi,: 
·  Siswa dapat mengamati gambar mata
  uang. 
·  Guru menceritakan dengan kalimat
  sederhana isi dari gambar tersebut. 
·  Guru menjelaskan tentang kegiatan
  jual beli. 
·  Guru dan siswa melakukan tanya
  jawab tentang kegiatan jual beli. 
v Elaborasi 
Dalam kegiatan elaborasi, : 
·      Siswa dapat menyebutkan nilai mata
  uang. 
·      Siswa dapat melakukan kegiatan
  jual beli. 
·      Guru memberi kesempatan untuk
  berfikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
  takut. 
v Siswa dapat membuat laporan
  sederhana tentang kegiatan jual beli pada saat dipasar atau dikantin sekolah.
  Konfirmasi 
Dalam
  kegiatan konfirmasi,: 
·      Guru bertanya jawab tentang
  hal-hal yang belum diketahui siswa. 
·      Guru bersama siswa bertanya jawab
  meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan. 
3.   
  KegiatanAkhir 
·      Evaluasi | 
1.   
  Kegiatan Awal 
Apersepsi/Motivasi
  : 
·      Mengisi daftar kelas, berdoa,
  mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga. 
·      Memperingatkan cara duduk yang
  baik ketika menulis, membaca. 
·      Mengumpulkan tugas/PR 
2.   
  Kegiatan Inti 
v Eksplorasi 
Dalam
  kegiatan eksplorasi,: 
·       Siswa mengamati guru bernyanyi menggunakan
  alat-alat perkusi 
·      Menyanyikan lagu “Burung  kakak tua/naik kereta api” 
·      Siswa dapat mengikuti tarian
  sederhana pada lagu. 
v Eksplorasi 
·     Siswa dapat bernyanyi menggunakan
  alat perkusi. 
·     Siswa dapat tampil didepan kelas. 
·     Guru memberikan kesempatan untuk
  berfikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
  takut. 
·     Siswa dapat menciptakan tarian
  sederhana pada lagu. 
v Konfirmasi 
Dalam
  kegiatan konfirmasi,: 
·      Guru bertanya jawab tentang
  hal-hal yang belum diketahui siswa. 
·      Guru bersama siswa bertanya jawab
  meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan. 
3.   
  KegiatanAkhir 
·      Evaluasi | 
1.     
  Kegiatan Awal 
Apersepsi/Motivasi
  : 
·      Mengisi daftar kelas, berdoa,
  mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga. 
·      Memperingatkan cara duduk yang
  baik ketika menulis, membaca. 
·      Mengumpulkan tugas/PR 
2.   
  Kegiatan Inti 
v Eksplorasi 
Dalam
  kegiatan eksplorasi,: 
·         
  Siswa
  mengamati gambar alat transportasi modern dan tradisional.  
·         
  Siswa
  menceritakan dengan kalimat sederhana dari hasil yang dilihatnya dilingkungan
  sekolah 
v  Elaborasi 
Dalam kegiatan elaborasi ini, guru: 
·          
  Siswa
  menyebutkan alat transportasi modern dan tradisional dilingkungan sekitar. 
·          
  Siswa
  dapat menyebutkan jenis-jenis alat transportasi. 
·          
  Guru
  memberikan kesempatan untuk berfikir, menganalisis, menyelesaikan masalah. 
v Konfirmasi 
Dalam
  kegiatan konfirmasi,: 
·      Guru bertanya jawab tentang
  hal-hal yang belum diketahui siswa. 
·      Guru bersama siswa bertanya jawab
  meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan. 
3.     
  KegiatanAkhir 
·      Evaluasi | |
| 
Metode | 
·        
  Tanya
  Jawab 
·        
  Resitasi 
·        
  Demonstrasi 
·        
  Performance 
·        
  Ceramah
   | 
·      Tanya jawab 
·      Resitasi 
·      Ceramah  | 
·       Ceramah  
·       Tanya jawab 
·       Observasi 
·       Demonstrasi 
·       Simulasi  | 
·       Tanya jawab 
·       Resitasi 
·       Eksperimen 
·       Diskusi  
·       Ceramah  | 
·       tanya jawab 
·       observasi 
·       resitasi  
·       ceramah  
·       observasi | 
·      tanya jawab 
·      resitasi 
·      bernyanyi 
·      performance  
·      ceramah  | 
·      tanya jawab 
·      observasi 
·      resitasi 
·      ceramah | |
| 
Model
  Pembelajaran | 
Simbiotis
  dan Proyek | |||||||
| 
Media &
  Sumber Belajar | 
·        
  Koran
  atau majalah 
·        
  Buku
  Paket 
·        
  Artikel
  dari situs geogle (internet) 
·        
  Gambar
  alat transportasi | 
·      Buku paket 
·      Gambar alat transportasi  | 
·       Al-qur’an 
·       Buku paket 
·       Gambar | 
·       Buku paket 
·       Gambar  
·       Streoform 
·       Karton  
·       Paku payung | 
·       uang 
·       Buku paket 
·       Masyarakat 
sekitar 
·       Gambar  | 
·      Alat gambar 
·      Buku paket 
·      Menyanyi  | 
·      Buku paket 
·      Gambar 
·      Masyarakat sekitar | |
| 
Evaluasi | 
·        
  Tes
  lisan 
·        
  Tes
  tertulis 
·        
  Tes
  performance | 
·      Tes lisan 
·      Tes tertulis 
·      Tes performace | 
·       Tes lisan 
·       Tes tertulis 
·       Tes perforance | 
·       Tes lisan 
·       Tes tertulis 
·       Tes 
·       performace | 
·       Tes lisan 
·       Tes tertulis | 
·      Tes lisan  
·      Tes tertulis | 
·      Tes lisan 
·      Tes tertulis | |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Tema                                       : ALAT
TRANSPORTASI
Kelas
/ Semester                      : 3 / 2
Pertemuan
ke              : 1
Hari/
Tanggal              : Selasa, 3 April
2012
| 
Komponen | 
Kegiatan
  Pembelajaran | 
| 
Kompetensi
  Dasar | 
BAHASA
  INDONESIA 
Memahami teks
  dengan membaca intensif(150-200 kata) dan membaca puisi  | 
| 
 SAINS 
 Memahami kenampakan bumi, cuaca dan
  pengaruhnya bagi manusia, serta hubunganya dengan manusia memelihara dan
  melestarikan alam. | |
| 
IPS 
Memahami
  jenis pekerjaan dan penggunan uang. | |
| 
Indikator | 
BAHASA
  INDONESIA 
·          
  Siswa
  dapat membacakan puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat. 
·          
  Siswa
  dapat membacakan puisi dengan penghayatan dan memperhatikan jeda dengan
  benar. 
·          
  Siswa
  dapat menjelaskan isi puisi. | 
| 
SAINS 
·          
  Siswa
  dapat menjelaskan kenampakan permukaan bumi dilingkungan sekitar. 
·          
  Siswa
  dapat menyebutkan bentuk permukaan bumi. 
·          
  Siswa
  dapat menyebutkan arti warna pada peta. | |
| 
IPS 
·          
  Siswa
  dapat menjelaskan proses kegiatan jual beli. 
·          
  Siswa
  dapat mempraktikkan kegiatan jual beli. 
·          
  Siswa
  dapat menyebutkan tempat-tempat jual beli dilingkungan rumah, sekolah dan
  dimasyarakat. | |
| 
Metode | 
BAHASA
  INDONESIA 
·          
  Tanya
  Jawab 
·          
  Resitasi 
·          
  Demonstrasi 
·          
  Performance 
·          
  Ceramah
   | 
| 
SAINS 
·       Tanya jawab 
·       Resitasi 
·       Eksperimen 
·       Diskusi  
·       Ceramah | |
| 
IPS 
·        tanya jawab 
·       observasi 
·       resitasi  
·       ceramah  
·       observasi | |
| 
Sumber
  belajar | 
BAHASA
  INDONESIA 
·        
  Buku
  Paket Bahasa Indonesia kelas 3 
·        
  Artikel
  dari situs google (internet) 
·        
  Majalah
  bobo  | 
| 
SAINS 
·        
  Buku
  Paket SAINS kelas 3 
·        
  Gambar
  dari situs google (internet) 
·        
  Majalah | |
| 
IPS 
·        
  Buku
  Paket kelas 3 
·        
  Gambar
  dari situs google (internet) 
·        
  Majalah | |
| 
Media | 
BAHASA
  INDONESIA 
·        
  Artikel
  puisi yang berjudul “AKULAH KERETA API DUKA” 
·        
  Gambar-gambar
  alat transportasi | 
| 
SAINS 
·        
  Karton
   
·        
  Daouble
  tip 
·        
  steroform | |
| 
IPS 
·        
  uang
  mainan 
·        
  steroform 
·        
  paku
  payung | 
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
| 
MATA
  PELAJARAN | 
WAKTU | 
PROSES
  PEMBELAJARAN | 
METODE | 
PENILAIAN | 
| 
BAHASA
  INDONESIA | 
07.15
  – 07.20 
07.20
  – 07.30 
07.30
  – 07.55 
07.55
  – 08.00 | 
A. 
  Kegiatan Awal 
Apersepsi/motivasi : 
·      Mengisi daftar kelas, berdoa,
  mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga. 
·      Memperingatkan cara duduk yang
  baik ketika menulis, membaca. 
·      Mengumpulkan tugas/PR 
B. 
  Kegiatan Inti 
v Eksplorasi 
Dalam
  kegiatan eksplorasi, guru : 
·        
  Siswa
  mendengarkan penjelasan guru tentang puisi 
·        
  Siswa
  dapat mengamati lembar puisi yang dibagikan oleh guru. 
·        
  Guru
  mempraktikkan membaca puisi dengan benar. 
·        
  Guru
  mengadakan tanya jawab kepada siswa. 
v Elaborasi 
Dalam kegiatan elaborasi,: 
·          
  Siswa
  dapat mempraktikkan cara membaca puisi didepan kelas. 
·          
  Guru
  memfasilitasi siswa berkompetensi secara sehat untuk meningkatkan prestasi
  belajar 
v Konfirmasi 
Dalam
  kegiatan konfirmasi,: 
·      Guru bertanya jawab tentang
  hal-hal yang belum diketahui siswa. 
·      Guru bersama siswa bertanya jawab
  meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan. 
C. 
  KegiatanAkhir 
·      Evaluasi | 
·      Tanya Jawab 
·      Ceramah 
·      Demonstrasi  
·      Demonstrasi  
·      Tanya Jawab 
·      Performance  
·      Performance 
·      Tanya jawab | 
·      Tes lisan  
·      Tes Performance 
·      Tes performance 
·      Tes lisan | 
| 
SAINS  | 
08.00 – 08.15 
08.00 – 08.20 
08.20 – 08.55 
08.55 – 09.00 
08.55 – 09.00 | 
B.  Kegiatan Inti 
v Eksplorasi 
Dalam
  kegiatan eksplorasi,: 
·      Mendengarkan penjelasan guru
  tentang bentuk permukaan bumi. 
·      Siswa dapat menceritakan dengan
  kalimat sederhana tentang bumi. 
·      Guru melakukan tanya jawab tentang
  ciri-ciri hewan 
v Elaborasi  
Dalam kegiatan elaborasi, guru : 
·      Siswa menyebutkan bentuk permukaan
  bumi. 
·      Guru memberikan tugas 
·      Guru bertanya jawab tentang
  hal-hal yang belum diketahui siswa. 
·      Guru memberikan games kepada siswa 
·      Guru bersama siswa bertanya jawab
  meluruskan kesalahan pemah 
v Konfirmasi 
Dalam
  kegiatan konfirmasi,: 
·      Guru bertanya jawab tentang
  hal-hal yang belum diketahui siswa. 
·      Guru bersama siswa bertanya jawab
  meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan. 
C. Kegiatan Akhir 
·      Evaluasi | 
·          
  Demonstrasi 
·          
  Ceramah
   
·          
  Demonstrasi
   
·          
  Tanya
  Jawab 
·          
  Tanya
  jawab  
·          
  Pemberian
  Tugas 
·          
  Bercerita
   
·      Tanya Jawab | 
·          
  Tes
  Performance 
·          
  Tes
  lisan 
·          
  Tes
  lisan 
·          
  Tes
  Performance 
·          
  Tes
  lisan | 
| 
ISTIRAHAT
   | ||||
| 
MATEMATIKA | ||||
| 
IPS  | 
10.30 – 10.45 
10.45
  – 11.20 
11.20
  – 11 30 | 
A.   
  Kegiatan Inti 
v Eksplorasi 
Dalam
  kegiatan eksplorasi, guru : 
·      Siswa mengamati media yang di
  tampilkan guru 
·      Siswa dapat menceritakan dengan
  kalimat sederhana tentang media yang guru tampilkan. 
·      Guru menjelaskan tentang kegiatan
  jual beli menggunakan uang. 
·        
  Guru
  bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa. 
v Eksplorasi 
·     Guru mempraktikkan cara kegiatan
  jual beli menggunakan uang. 
·     Memberikan kesempatan untuk
  berfikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
  takut. 
·     Siswa mempraktikkan kegiatan jual
  beli secara berkelompok didepan kelas. 
·     Guru memberikan games kepada siswa 
v Konfirmasi 
Dalam
  kegiatan konfirmasi, guru : 
·      Guru bertanya jawab tentang
  hal-hal yang belum diketahui siswa. 
·      Guru bersama siswa bertanya jawab
  meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan. 
v  Kegiatan Akhir  
Evaluasi  | 
·      Demonstrasi  
·      Bernyanyi 
·      Bermain  
·      Bernyanyi  
·       Bermain peran  
·      Bermain peran | 
·      Tes lisan 
·      Tes performace 
·      Tes performance | 
Nb       : Akhir tahun akan di
adakan pementasan perkusi dan lomba membaca puisi.
EVALUASI
/ PENILAIAN 
BAHASA
INDONESIA
FORMAT PENILAIAN TES LISAN
| 
NO | 
Nama Siswa | 
Keberanian
  menjawab/mengeluarkan pendapat | 
Ketepatan
  Jawaban | 
Keseriusan
  dan konsentrasi menyimak pembelajaran | 
Hasil | 
A         :  85 – 90 = BAIK
B         :
70 – 80 = CUKUP
C         :
50 – 60 = KURANG
Tes Performance
Individu
| 
NO | 
NAMA
  ANAK | 
PELAFALAN | 
INTONASI | 
EKSPRESI | 
HASIL | 
KETERANGAN | 
Keterangan
kategori nilai :
A
(Amat baik) = 80 – 90
B
(Baik )                     = 70 – 75
C (
Cukup )                 = 60 – 65
K
(Kurang)                  = 50 – 55
SAINS
Tes Performance
Kelompok
| 
NO | 
NAMA
  SISWA | 
KEAKTIFAN
  SISWA  | 
PENGUASAAN
  MATERI | 
KEKOMPAKAN
  DAN KERAPIHAN | 
HASIL | 
KETERANGAN | 
Keterangan
kategori nilai :
A
(Amat baik) = 80 – 90
B
(Baik )                     = 70 – 75
C (
Cukup )                 = 60 – 65
K
(Kurang)                  = 50 – 55
IPS
Tes Performance
Kelompok
| 
NO | 
NAMA
  SISWA | 
KEAKTIFAN
  SISWA  | 
PENGUASAAN
  MATERI | 
KEKOMPAKAN
  DAN KERAPIHAN | 
HASIL | 
KETERANGAN | 
Keterangan
kategori nilai :
A
(Amat baik) = 80 – 90
B
(Baik )                     = 70 – 75
C (
Cukup )                 = 60 – 65
K
(Kurang)                  = 50 – 55
PUISI
AKULAH KERETA API DUKA
Akulah kereta api duka
kamu dapat memandangku
dari balik penghalang bambu
tapi kamu tak dapat menyentuhku
Sekali kamu menyentuhku
maka melayanglah wahai nyawa
jika kamu terus dekati aku
jadilah masinis yang baik
bawalah aku kemanapun kamu pergi
Tetapi jika kamu hanya ingin mencoba menumpangiku
maka bergegaslah turun dari keretaku
Jangan coba menerobos ke dalam jantungku
duduklah manis dan nikmatilah aku
tapi jangan pernah sedikitpun menyentuhku
Akulah si kereta api duka
kamu dapat memandangku
dari balik penghalang bambu
tapi kamu tak dapat menyentuhku
Sekali kamu menyentuhku
maka melayanglah wahai nyawa
jika kamu terus dekati aku
jadilah masinis yang baik
bawalah aku kemanapun kamu pergi
Tetapi jika kamu hanya ingin mencoba menumpangiku
maka bergegaslah turun dari keretaku
Jangan coba menerobos ke dalam jantungku
duduklah manis dan nikmatilah aku
tapi jangan pernah sedikitpun menyentuhku
Akulah si kereta api duka
SAINS
Perhatikan
pernyataan pada tabel berikut. Manakah pernyataan di bawah ini yang benar.
Berikanlah tanda (   ) pada kolom yang
tersedia.
| 
NO | 
PERNYATAAN | 
BENAR | 
SALAH | 
| 
1 | 
Lautan
  ditampilkan dengan warna biru kehijauan. | 
.... | 
.... | 
| 
2 | 
Semakin tua
  warna yang ditampilkan semakin tinggi dataran yang ada dipermukaan bumi. | 
.... | 
.... | 
| 
3 | 
Gunung sering
  kali ditampilkan dengan warna coklat kekuningan. | 
.... | 
.... | 
| 
4 | 
Dataran yang
  tingginya lebih dari 200 meter ditunjukkan dengan hijau tua. | 
.... | 
.... | 
             GURU
PAMONG                                                                               GURU PRAKTIK
           
( NURLAILA, S.PdI ) ( NURUL FARIDA )
( NURLAILA, S.PdI ) ( NURUL FARIDA )
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDI TAHTA SYAJAR
( IKHWAN FIRDAUS, S. Ag )
 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar