Tema : ALAT TRANSPORTASI
Alokasi
Waktu : 1 Minggu
Kelas/Semester : III/ 2
Bulan/Minggu
ke- : April / I
KOMPONEN
|
BAHASA
INDONESIA
|
MATEMATIKA
|
AGAMA
|
SAINS
|
STUDI
SOSIAL
|
SENI
|
KEWARGANEGARAAN
|
|
Tujuan
|
v
Menyimak isi cerita atau wancana tentang ”Transportasi”.
v
Mengkomunikasikan sendiri tentang pengalaman pada saat naik kendaraan.
v
Memberikan jawaban atau tanggapan tentang
cerita yang disajikan.
v
Membuat karanagan sederhana dengan
menggunakan kalimat sederhana tentang
transportasi.
|
v Menghitung kendaraan
yang dimiliki dirumah jika ada.
v Membuat perkiraan sederhana jumlah
kendaraan yang ada dilingkungan sekolah.
v Membedakan berbagai
bangun datar dari macam-macam transportasi
|
v
Menyakini keberadaan ALLAH SWT yang
menciptakan makhluk hidup.
v
Menunjukan akhlak yang baik (terpuji) dan memiliki rasa setia kawanan.
v
Mengenal dan mendengarkan ayat Al-Qur’an
tentang alat transportasi
v
Menyimpulkan apa yang terjadi jika ALLAH SWT
tidak menciptakan alat
transportasi.
v
Memperagakan berbagai bentuk syukur nikmat
atas karunia ALLAH SWT berupa akal
kepada manusia yang membuat alat transportasi
|
v Menyusun deskripsi bentuk bumi dan
bentuk permukaan bumi.
v Membuat perkiraan sederhana akibat
yang ditumbulkan jika tidak ada lautan,gunung,danau dsb.
v Menyimpulkan percobaan peristiwa
terbentuknya gunung dan bukit.
v Membuat laporan sederhana tentang
danau, baik danau buatan maupun danau alami,
|
v Menyimpulkan alasan orang gemar
naik kendaraan.
v Menjelaskan tempat orang menjual
dan membeli alat transportasi.
v Membuat laporan sederhana tentang
proses pendistribusian, perjualan dan pembelian alat transportasi.
|
v Membuat dengan menjiplak dari
gambar macam-macam transportasi.
v Mengamati cara menggunakan alat
transportasi.
v Membuat karya seni dari beberapa
benda yang sudah tidak terpakai menjadi alat transportasi sederhana.
v Memainkan alat perkusi sambil
bernyanyi “kereta api”.
v Membuat syair atau sajak sederhana
tentangtransportasi.
v Menyanyikan lagu sederhana dengan
tema transportasi.
|
v Mengamati tentang kepekaan sosial
orang terhadap alat transportasi tradisional dan modern
v Menyimpulkan alasan mengapa orang
tidak peduli / tidak mau menggunakan alat transportasi tradisional
v Menyimpulkan perlunya
aturan-aturan yang berlaku masyarakat sekitar tentang cara mengendarai alat
transportasi.
v Menunjukkan perilaku terpuji dan
setia kawanan.
|
|
Konsep
|
v Menentukan kata atau kalimat dari
suatu wancana.
v Menggunakan kalimat yang benar
dalam berkomunikasi.
v Menggunakan kata dan kalimat tanta
yang benar.
v Menyusun gambar bagian
transportasi dan namanya.
v Menemukan kosa kata yang berkaitan
dengan transportasi.
v Mengungkapkan sesuatu dengan
tuliasan atau karangan.
|
v Menemukan dan melakukan operasi
hitung.
v Membuat perkiraan atau estimasi
sederhana tentang jumlah dan luas.
v Menentukan dan membandingkan
berbagi bentuk geometris.
|
v ALLAH SWT memerintahkan agar
manusia bekerja keras.
v ALLAH SWT memberikan akal kepada
manusia, agar dimanfaatkan dengan baik.
v Manusia menciptakan alat
transportasi dari akal yang dibeikan oleh Allah.
|
v Bumi memiliki bentuk bulat yang
memapat pada bagian kutubnya.
v Bentuk permukaan bumi berupa
dataran dan peraian.
v Dataran terdiri atas gunung,
lembah, jurang, tebing dsb.
v Setiap warna yang berbeda pada
peta yang memiliki arti yang berbeda
|
v Menemukan keragaman alasan orang
dalam melakukan tindakan.
v Menemukan lokasi tempat terjadinya
kegiatan ekonomi.
v Menemukan hubungan antara daerah
dan sebaran transportasi.
v Menemukan cara-cara pengendalian
proses distribusi tramsportasi
|
v Menemukan cara orang dalam
menjiplak dengan benar.
v Menggunakan alat-alat rumah tangga
yang sudah tidak terpakai untuk memainkan alat musik.
v Menggunakan tarian- tarian sederhana
pada lagu.
v Menyusun syair lagu karangan
sendiri..
|
v Mebiasakan diri bertanggung jawab
menjaga tramsportasi dari kejahatan orang yang ingin merusak transportasi
sebagai wujud kecintaan terhadap makhluk hidup.
v Menemukan keragaman kepekaan
sosial dari setiap individu dalam melakukan
suatu tindakan.
v Menemukan aturan-aturan yang
berlaku dimasyarakat sekitar tentang pemeliharaan transportasi
v Membiasakan diri melakukan
tindakan terpuji di lingkungan rumah dan sekolah
|
|
Standar
Kompetensi
|
SK
·
Mendengarkan
1. Memahami cerita dan teks drama
anak yang dilisankan.
·
Berbicara
2.
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan bercerita.
·
Membaca
3.
Memahami
teks dengan membaca intensif(150-200 kata) dan membaca puisi
·
Menulis
4.
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi.
|
SK
Bilangan
1.
Melakukan
operasi hitung bilangan sampai tiga angka
Geometri dan
Pengukuran
2. Menggunakan pengukuran waktu,
panjang, dan berat dalam pemecahan masalah
|
SK
1.
Mengenal
ayat–ayat Al-Qur’an
2.
Mengenal
sifat mustahil Allah
3.
Membiasakan
prilaku terpuji
4.
Melakukan
shalat fardhu.
|
SK
1.
Memahami
berbagai cara gerak benda
2.
Menerapkan
konsep energi gerak
3.
Memahami
kenampakan bumi, cuaca dan pengaruhnya bagi manusia, serta hubunganya dengan
manusia memelihara dan melestarikan alam.
|
SK
1.
Memahami
jenis pekerjaan dan penggunan uang.
|
SK
1.
Membuat
syair atau sajak sederhana sederhana.
|
SK
1.
Memiliki
kebanggaan sebagai bangsa indonesia.
|
|
Kompetensi
Dasar
|
KD
5.1
Memberikan
tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang didengarnya.
5.2
Menirukan
dialog dengan ekspresi yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang
didengarnya.
1.1 Melakukan percakapan melalui
telephone/alat komunikasi sederhana dengan menggunakan kalimat ringkas.
6.2 Menceritakan peristiwa yang pernah
dialami, dilihat, atau didengar..
7.1
Menjawab
atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks panjang (150-200 kata) yang
dibaca secara intensif.
7.2
Membaca
puisi dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat.
8.1
Menulis
karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan
kaliamat yang tepat dengan memperhatikan penggurarangan ejaan, huruf kapital,
dan tanda titik.
8.2
Menulis
puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik.
|
KD
3.1
Mengenal
pecahan sederhana.
3.2
Membandingkan
pecahan sederhana.
3.3
Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan pecahan sederhana.
4.1
Mengidentifikasi
berbagai bangun datar sederhana menurut siat atau unsurnya.
4.2
mengidentifikasi
berbagai jenis dan besar sudut.
5.1
Menghitung
keliling dan persegi panjang.
5.2
Menghitung
luas persegi dan persegi panjang.
5.3
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan keliling, luas persegi dan persegi panjang.
|
KD
5.1
membaca
huruf Al-Qur’an
1.2.
menulis
huruf Al-Qur’an
6.1 menyebutkan sifat mustahil Allah swt.
6.2
mengartikan
sifat mustahil Allah swt.
7.1 menampilkan
perilaku setia kawan.
7.2
Menampilkan perilaku kerja keras.
7.3
menampilkan perilaku penyanyang pada hewan
7.4
menampilkan perilaku penyanyang terhadap lingkungan.
8.1
menyebutkan shalat fardhu.
8.2mempraktikkan
shalat fardhu.
|
KD
5.4
menyimpulkan
hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran.
5.5
Mendeskripsikan
hasil pengamatan tentang pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam
kehidupan sehari-hari.
5.6
Mengidentifiksi
sumber energi dan kegunaannya.
5.1
Membuat
kincir angin untuk menunjukkan bentuk energi angin dapat diubah menjadi
energi gerak.
5.2
Menerapkan
cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari.
6.1
Mendeskripsikan
kenampakan permukaan bumi dilingkungan sekitar.
6.2
Menjelaskan
hubungan antara keadaan awan dan cuaca.
6.3
Mendeskripsikan
pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia.
6.4
Mengidentifikasi
cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam dilingkungan sekitar
|
KD
2.1
Mengenal
jenis-jenis pekerjaan.
2.2
Memahami
pentingnya semangat kerja.
2.3
Memahami
kegiatan jaual beli di lingkungan rumah dan sekolah.
2.4
Mengenal
sejarah uang.
2.5
Mengenal
penggunaan uang sesuai dengan kebutuhan.
|
KD
1.2
Menyanyikan lagu sederhana
|
KD
4.1
mengenal
kekhasan bangsa indonesia seperti bhineka tungga ika, peristiwa alam dsb.
4.2
Menampilkan
rasa bangsa sebagai anak Indonesia.
|
|
Indikator
|
· menceritakan kembali wacana
tentang alat transportasi “Kereta Api”
· dapat menyebutkan tokoh yng
terdapat dalam wacana
· menceritakan pengalamannya tpada
saat naik kendaraan.
· dapat menyebutkan cara menggunakan
kendaraan.
· dapat membaca wacana tentang “transportasi“
didepan kelas dengan lafal dan intonasi yang tepat.
· dapat menuliskan cerita
pengalamannya tentang alat-alat transportasi dilingkungan rumahnya.
|
· dapat menghitung jumlah alat
transportasi yang berada dilingkungan sekolah
· dapat menghitung yang berada dilingkungan rumah
· dapat menghitung satuan hewan
dalam satuan berat.
· Dapat menghitung keliling, luas
pada persegi dan persegi panjang
.
|
· membaca surat al-fatihah untuk
mensyukuri nikmat Allah SWT
· menulis surat al-fatihah
· dapat menyebutkan l sifat mustahil
bagi Allah.
· Dapat berprilaku setia kawan di
lingkungan mana saja.
· Dapat menampilkan perilaku baik
terhadap lingkungan sekitar.
.
|
· dapat menyebutkan pengaruh energi
panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari.
· Dapat menyebutkan sumber energi
dan kegunaannya.
· Dapat menunjukkan bentuk energi
angin yang dapat diubah menjadi energi gerak.
· Dapat menerapkan cara menghemat
energi dalam kehidupan sehari-hari
· Dapat menyebutkan kenampakan
permukaan bumi dilingkungan sekitar.
|
· dapat menyebutkan jenis-jenis
pekerjaan
· dapat memahami pentingnya semangat
kerja.
· \dapat mempraktikkan kegiatan jual
beli di lingkungan rumah dan sekolah.
|
· menyanyikan lagu dengan tema alat
transportasi “Kereta Api”
· memainkan alat musik perkusi
· Melakukan tarian sederhana
bertemakan kereta api
|
·
Mengidentifikasi
keanekaragaman kekhasan budaya Indonesia.
·
Mengidentifikasi
kekayaan alam dan kekhasan bdaya Indonesia
·
Memiliki
rasabangsa sebagai anak Indonesia yang memilikikeanekaragaman dan kekhasan
budaya serta kekayaan alam yang begitu banyak.
|
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
1.
Kegiatan Awal
Apersepsi/Motivasi
:
· Mengisi daftar kelas, berdoa,
mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
· Memperingatkan cara duduk yang
baik ketika menulis, membaca.
· Mengumpulkan tugas/PR
2.
Kegiatan Inti
v Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, :
· Siswa dapat mengamati gambar alat
transportasi
· Menyanyikan lagu “ cicak-cicak
didinding”
· Siswa menceritakan dengan kalimat
sederhana isi dari gambar tersebut.
· Siswa dan guru Melakukan tanya jawab
tentang ciri –ciri transportasi
· Siswa mendengarkan penjelasan guru
tentang cara membaca puisi bertemakan alat transportas.
v Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
· Siswa menyebutkan jenis-jenis alat
transportasi yang sering digunakan manusia.
· Siswa membacakan puisi dengan
intonasi yang benar dan penuh ekspresi didepan kelas
· Guru memberi kesempatan untuk
berfikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut.
v Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, :
· Guru bertanya jawab tentang hal-hal
yang belum diketahui siswa.
· Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
3.
Kegiatan Akhir
· Evaluasi
|
1.
Kegiatan Awal
Apersepsi/Motivasi
:
· Mengisi daftar kelas, berdoa,
mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
· Memperingatkan cara duduk yang
baik ketika menulis, membaca.
· Mengumpulkan tugas/PR
2.
Kegiatan Inti
v Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
· Siswa dapat mengamati jenis-jenis
alat transportasi yang berada dilingkungan sekolah.
· Siswa mendengarkan penjelasan
guru.
v Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
· Siswa dapat menyebutkan jumlah
alat transportasi yang berada dilingkungan sekolah.
· Guru memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, baru baik
secara lisan diskusi, dan lain-lain, untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis
v Siswa mengamati, tanya jawab dan
praktek langsung menghitung jumlah kendaraanyang sering digunakan manusia
dikehidupan sehari-hari
v Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,:
· Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa.
· Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3.
Kegiatan Akhir
· Evaluasi
|
1.
Kegiatan Awal
Apersepsi/Motivasi
:
· Mengisi daftar kelas, berdoa,
mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
· Memperingatkan cara duduk yang
baik ketika menulis, membaca.
· Mengumpulkan tugas/PR
2.
Kegiatan Inti
v Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, :
· Siswa dapat mengamati kebesaran
Allah SWT yang telah menciptakan alam semesta begitu indah.
· Siswa mendengarkan penjelasan guru
mengenai tentang sifat mustahil allah
v Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, :
· Siswa dapat membaca surat
al-fatihah dengan baik
· Siswa dapat menulis surat
alfatihah dengan benar.
· Siswa dapat menyebutkan sifat mustahil allah
· Siswa dapat menyebutkan arti dari
sifat mustahil allah.
v Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi,:
· Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa.
· Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
3.
Kegiatan Akhir
· Evaluasi
|
1.
Kegiatan Awal
Apersepsi/Motivasi
:
· Mengisi daftar kelas, berdoa,
mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
· Memperingatkan cara duduk yang
baik ketika menulis, membaca.
· Mengumpulkan tugas/PR
2.
Kegiatan Inti
v Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Siswa
dapat mengamati gambar permukaan bumi.
·
Siswa
menyanikan lagu “bintang kecil”
·
Siswa
mendengarkan penjelasan guru bentuk permukaam bumi.
v Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,:
·
Siswa
dapat menyebutkan bentuk permukaan bumi
·
Siswa
dapat menyebutkan macam bentuk permukaan bumi.
·
Guru
memfasilitasi siswa berkompetensi secara sehat untuk meningkatkan prestasi
belajar
·
Siswa
dapat membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis
secara individual maupun perkelompok.
v Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, :
· Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa.
· Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
3.
KegiatanAkhir
· Evaluasi
|
1.
Kegiatan Awal
Apersepsi/Motivasi
:
· Mengisi daftar kelas, berdoa,
mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
· Memperingatkan cara duduk yang
baik ketika menulis, membaca.
· Mengumpulkan tugas/PR
2.
Kegiatan Inti
v Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi,:
· Siswa dapat mengamati gambar mata
uang.
· Guru menceritakan dengan kalimat
sederhana isi dari gambar tersebut.
· Guru menjelaskan tentang kegiatan
jual beli.
· Guru dan siswa melakukan tanya
jawab tentang kegiatan jual beli.
v Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, :
· Siswa dapat menyebutkan nilai mata
uang.
· Siswa dapat melakukan kegiatan
jual beli.
· Guru memberi kesempatan untuk
berfikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut.
v Siswa dapat membuat laporan
sederhana tentang kegiatan jual beli pada saat dipasar atau dikantin sekolah.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi,:
· Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa.
· Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
3.
KegiatanAkhir
· Evaluasi
|
1.
Kegiatan Awal
Apersepsi/Motivasi
:
· Mengisi daftar kelas, berdoa,
mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
· Memperingatkan cara duduk yang
baik ketika menulis, membaca.
· Mengumpulkan tugas/PR
2.
Kegiatan Inti
v Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi,:
· Siswa mengamati guru bernyanyi menggunakan
alat-alat perkusi
· Menyanyikan lagu “Burung kakak tua/naik kereta api”
· Siswa dapat mengikuti tarian
sederhana pada lagu.
v Eksplorasi
· Siswa dapat bernyanyi menggunakan
alat perkusi.
· Siswa dapat tampil didepan kelas.
· Guru memberikan kesempatan untuk
berfikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut.
· Siswa dapat menciptakan tarian
sederhana pada lagu.
v Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi,:
· Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa.
· Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
3.
KegiatanAkhir
· Evaluasi
|
1.
Kegiatan Awal
Apersepsi/Motivasi
:
· Mengisi daftar kelas, berdoa,
mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
· Memperingatkan cara duduk yang
baik ketika menulis, membaca.
· Mengumpulkan tugas/PR
2.
Kegiatan Inti
v Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi,:
·
Siswa
mengamati gambar alat transportasi modern dan tradisional.
·
Siswa
menceritakan dengan kalimat sederhana dari hasil yang dilihatnya dilingkungan
sekolah
v Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi ini, guru:
·
Siswa
menyebutkan alat transportasi modern dan tradisional dilingkungan sekitar.
·
Siswa
dapat menyebutkan jenis-jenis alat transportasi.
·
Guru
memberikan kesempatan untuk berfikir, menganalisis, menyelesaikan masalah.
v Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi,:
· Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa.
· Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
3.
KegiatanAkhir
· Evaluasi
|
|
Metode
|
·
Tanya
Jawab
·
Resitasi
·
Demonstrasi
·
Performance
·
Ceramah
|
· Tanya jawab
· Resitasi
· Ceramah
|
· Ceramah
· Tanya jawab
· Observasi
· Demonstrasi
· Simulasi
|
· Tanya jawab
· Resitasi
· Eksperimen
· Diskusi
· Ceramah
|
· tanya jawab
· observasi
· resitasi
· ceramah
· observasi
|
· tanya jawab
· resitasi
· bernyanyi
· performance
· ceramah
|
· tanya jawab
· observasi
· resitasi
· ceramah
|
|
Model
Pembelajaran
|
Simbiotis
dan Proyek
|
|||||||
Media &
Sumber Belajar
|
·
Koran
atau majalah
·
Buku
Paket
·
Artikel
dari situs geogle (internet)
·
Gambar
alat transportasi
|
· Buku paket
· Gambar alat transportasi
|
· Al-qur’an
· Buku paket
· Gambar
|
· Buku paket
· Gambar
· Streoform
· Karton
· Paku payung
|
· uang
· Buku paket
· Masyarakat
sekitar
· Gambar
|
· Alat gambar
· Buku paket
· Menyanyi
|
· Buku paket
· Gambar
· Masyarakat sekitar
|
|
Evaluasi
|
·
Tes
lisan
·
Tes
tertulis
·
Tes
performance
|
· Tes lisan
· Tes tertulis
· Tes performace
|
· Tes lisan
· Tes tertulis
· Tes perforance
|
· Tes lisan
· Tes tertulis
· Tes
· performace
|
· Tes lisan
· Tes tertulis
|
· Tes lisan
· Tes tertulis
|
· Tes lisan
· Tes tertulis
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Tema : ALAT
TRANSPORTASI
Kelas
/ Semester : 3 / 2
Pertemuan
ke : 1
Hari/
Tanggal : Selasa, 3 April
2012
Komponen
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Kompetensi
Dasar
|
BAHASA
INDONESIA
Memahami teks
dengan membaca intensif(150-200 kata) dan membaca puisi
|
SAINS
Memahami kenampakan bumi, cuaca dan
pengaruhnya bagi manusia, serta hubunganya dengan manusia memelihara dan
melestarikan alam.
|
|
IPS
Memahami
jenis pekerjaan dan penggunan uang.
|
|
Indikator
|
BAHASA
INDONESIA
·
Siswa
dapat membacakan puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat.
·
Siswa
dapat membacakan puisi dengan penghayatan dan memperhatikan jeda dengan
benar.
·
Siswa
dapat menjelaskan isi puisi.
|
SAINS
·
Siswa
dapat menjelaskan kenampakan permukaan bumi dilingkungan sekitar.
·
Siswa
dapat menyebutkan bentuk permukaan bumi.
·
Siswa
dapat menyebutkan arti warna pada peta.
|
|
IPS
·
Siswa
dapat menjelaskan proses kegiatan jual beli.
·
Siswa
dapat mempraktikkan kegiatan jual beli.
·
Siswa
dapat menyebutkan tempat-tempat jual beli dilingkungan rumah, sekolah dan
dimasyarakat.
|
|
Metode
|
BAHASA
INDONESIA
·
Tanya
Jawab
·
Resitasi
·
Demonstrasi
·
Performance
·
Ceramah
|
SAINS
· Tanya jawab
· Resitasi
· Eksperimen
· Diskusi
· Ceramah
|
|
IPS
· tanya jawab
· observasi
· resitasi
· ceramah
· observasi
|
|
Sumber
belajar
|
BAHASA
INDONESIA
·
Buku
Paket Bahasa Indonesia kelas 3
·
Artikel
dari situs google (internet)
·
Majalah
bobo
|
SAINS
·
Buku
Paket SAINS kelas 3
·
Gambar
dari situs google (internet)
·
Majalah
|
|
IPS
·
Buku
Paket kelas 3
·
Gambar
dari situs google (internet)
·
Majalah
|
|
Media
|
BAHASA
INDONESIA
·
Artikel
puisi yang berjudul “AKULAH KERETA API DUKA”
·
Gambar-gambar
alat transportasi
|
SAINS
·
Karton
·
Daouble
tip
·
steroform
|
|
IPS
·
uang
mainan
·
steroform
·
paku
payung
|
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
MATA
PELAJARAN
|
WAKTU
|
PROSES
PEMBELAJARAN
|
METODE
|
PENILAIAN
|
BAHASA
INDONESIA
|
07.15
– 07.20
07.20
– 07.30
07.30
– 07.55
07.55
– 08.00
|
A.
Kegiatan Awal
Apersepsi/motivasi :
· Mengisi daftar kelas, berdoa,
mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
· Memperingatkan cara duduk yang
baik ketika menulis, membaca.
· Mengumpulkan tugas/PR
B.
Kegiatan Inti
v Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru :
·
Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang puisi
·
Siswa
dapat mengamati lembar puisi yang dibagikan oleh guru.
·
Guru
mempraktikkan membaca puisi dengan benar.
·
Guru
mengadakan tanya jawab kepada siswa.
v Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,:
·
Siswa
dapat mempraktikkan cara membaca puisi didepan kelas.
·
Guru
memfasilitasi siswa berkompetensi secara sehat untuk meningkatkan prestasi
belajar
v Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi,:
· Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa.
· Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
C.
KegiatanAkhir
· Evaluasi
|
· Tanya Jawab
· Ceramah
· Demonstrasi
· Demonstrasi
· Tanya Jawab
· Performance
· Performance
· Tanya jawab
|
· Tes lisan
· Tes Performance
· Tes performance
· Tes lisan
|
SAINS
|
08.00 – 08.15
08.00 – 08.20
08.20 – 08.55
08.55 – 09.00
08.55 – 09.00
|
B. Kegiatan Inti
v Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi,:
· Mendengarkan penjelasan guru
tentang bentuk permukaan bumi.
· Siswa dapat menceritakan dengan
kalimat sederhana tentang bumi.
· Guru melakukan tanya jawab tentang
ciri-ciri hewan
v Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru :
· Siswa menyebutkan bentuk permukaan
bumi.
· Guru memberikan tugas
· Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa.
· Guru memberikan games kepada siswa
· Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemah
v Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi,:
· Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa.
· Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
C. Kegiatan Akhir
· Evaluasi
|
·
Demonstrasi
·
Ceramah
·
Demonstrasi
·
Tanya
Jawab
·
Tanya
jawab
·
Pemberian
Tugas
·
Bercerita
· Tanya Jawab
|
·
Tes
Performance
·
Tes
lisan
·
Tes
lisan
·
Tes
Performance
·
Tes
lisan
|
ISTIRAHAT
|
||||
MATEMATIKA
|
||||
IPS
|
10.30 – 10.45
10.45
– 11.20
11.20
– 11 30
|
A.
Kegiatan Inti
v Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru :
· Siswa mengamati media yang di
tampilkan guru
· Siswa dapat menceritakan dengan
kalimat sederhana tentang media yang guru tampilkan.
· Guru menjelaskan tentang kegiatan
jual beli menggunakan uang.
·
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
v Eksplorasi
· Guru mempraktikkan cara kegiatan
jual beli menggunakan uang.
· Memberikan kesempatan untuk
berfikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut.
· Siswa mempraktikkan kegiatan jual
beli secara berkelompok didepan kelas.
· Guru memberikan games kepada siswa
v Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru :
· Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa.
· Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
v Kegiatan Akhir
Evaluasi
|
· Demonstrasi
· Bernyanyi
· Bermain
· Bernyanyi
· Bermain peran
· Bermain peran
|
· Tes lisan
· Tes performace
· Tes performance
|
Nb : Akhir tahun akan di
adakan pementasan perkusi dan lomba membaca puisi.
EVALUASI
/ PENILAIAN
BAHASA
INDONESIA
FORMAT PENILAIAN TES LISAN
NO
|
Nama Siswa
|
Keberanian
menjawab/mengeluarkan pendapat
|
Ketepatan
Jawaban
|
Keseriusan
dan konsentrasi menyimak pembelajaran
|
Hasil
|
A : 85 – 90 = BAIK
B :
70 – 80 = CUKUP
C :
50 – 60 = KURANG
Tes Performance
Individu
NO
|
NAMA
ANAK
|
PELAFALAN
|
INTONASI
|
EKSPRESI
|
HASIL
|
KETERANGAN
|
Keterangan
kategori nilai :
A
(Amat baik) = 80 – 90
B
(Baik ) = 70 – 75
C (
Cukup ) = 60 – 65
K
(Kurang) = 50 – 55
SAINS
Tes Performance
Kelompok
NO
|
NAMA
SISWA
|
KEAKTIFAN
SISWA
|
PENGUASAAN
MATERI
|
KEKOMPAKAN
DAN KERAPIHAN
|
HASIL
|
KETERANGAN
|
Keterangan
kategori nilai :
A
(Amat baik) = 80 – 90
B
(Baik ) = 70 – 75
C (
Cukup ) = 60 – 65
K
(Kurang) = 50 – 55
IPS
Tes Performance
Kelompok
NO
|
NAMA
SISWA
|
KEAKTIFAN
SISWA
|
PENGUASAAN
MATERI
|
KEKOMPAKAN
DAN KERAPIHAN
|
HASIL
|
KETERANGAN
|
Keterangan
kategori nilai :
A
(Amat baik) = 80 – 90
B
(Baik ) = 70 – 75
C (
Cukup ) = 60 – 65
K
(Kurang) = 50 – 55
PUISI
AKULAH KERETA API DUKA
Akulah kereta api duka
kamu dapat memandangku
dari balik penghalang bambu
tapi kamu tak dapat menyentuhku
Sekali kamu menyentuhku
maka melayanglah wahai nyawa
jika kamu terus dekati aku
jadilah masinis yang baik
bawalah aku kemanapun kamu pergi
Tetapi jika kamu hanya ingin mencoba menumpangiku
maka bergegaslah turun dari keretaku
Jangan coba menerobos ke dalam jantungku
duduklah manis dan nikmatilah aku
tapi jangan pernah sedikitpun menyentuhku
Akulah si kereta api duka
kamu dapat memandangku
dari balik penghalang bambu
tapi kamu tak dapat menyentuhku
Sekali kamu menyentuhku
maka melayanglah wahai nyawa
jika kamu terus dekati aku
jadilah masinis yang baik
bawalah aku kemanapun kamu pergi
Tetapi jika kamu hanya ingin mencoba menumpangiku
maka bergegaslah turun dari keretaku
Jangan coba menerobos ke dalam jantungku
duduklah manis dan nikmatilah aku
tapi jangan pernah sedikitpun menyentuhku
Akulah si kereta api duka
SAINS
Perhatikan
pernyataan pada tabel berikut. Manakah pernyataan di bawah ini yang benar.
Berikanlah tanda ( ) pada kolom yang
tersedia.
NO
|
PERNYATAAN
|
BENAR
|
SALAH
|
1
|
Lautan
ditampilkan dengan warna biru kehijauan.
|
....
|
....
|
2
|
Semakin tua
warna yang ditampilkan semakin tinggi dataran yang ada dipermukaan bumi.
|
....
|
....
|
3
|
Gunung sering
kali ditampilkan dengan warna coklat kekuningan.
|
....
|
....
|
4
|
Dataran yang
tingginya lebih dari 200 meter ditunjukkan dengan hijau tua.
|
....
|
....
|
GURU
PAMONG GURU PRAKTIK
( NURLAILA, S.PdI ) ( NURUL FARIDA )
( NURLAILA, S.PdI ) ( NURUL FARIDA )
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDI TAHTA SYAJAR
( IKHWAN FIRDAUS, S. Ag )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar