Sabtu, 21 April 2012

PENYUSUNAN SILABUS PEMBELAJARAN DI SD/MI


Tema                          : ALAT TRANSPORTASI
Alokasi Waktu           : 1 Minggu
Kelas/Semester          : III/ 2
Bulan/Minggu ke-     : April / I

KOMPONEN
BAHASA INDONESIA
MATEMATIKA
AGAMA
SAINS
STUDI SOSIAL
SENI
KEWARGANEGARAAN
Tujuan
v  Menyimak isi cerita atau wancana tentang ”Transportasi”.
v  Mengkomunikasikan sendiri tentang pengalaman pada saat naik kendaraan.
v  Memberikan jawaban atau tanggapan tentang cerita yang disajikan.
v  Membuat karanagan sederhana dengan menggunakan kalimat sederhana tentang transportasi.
v  Menghitung kendaraan yang dimiliki dirumah jika ada.
v  Membuat perkiraan sederhana jumlah kendaraan yang ada dilingkungan sekolah.
v  Membedakan berbagai bangun datar dari macam-macam transportasi

v  Menyakini keberadaan ALLAH SWT yang menciptakan makhluk hidup.
v  Menunjukan akhlak yang baik (terpuji) dan memiliki rasa setia kawanan.
v  Mengenal dan mendengarkan ayat Al-Qur’an tentang alat transportasi
v  Menyimpulkan apa yang terjadi jika ALLAH SWT tidak menciptakan alat transportasi.
v  Memperagakan berbagai bentuk syukur nikmat atas karunia ALLAH SWT berupa akal kepada manusia yang membuat alat transportasi
v  Menyusun deskripsi bentuk bumi dan bentuk permukaan bumi.
v  Membuat perkiraan sederhana akibat yang ditumbulkan jika tidak ada lautan,gunung,danau dsb.
v  Menyimpulkan percobaan peristiwa terbentuknya gunung dan bukit.
v  Membuat laporan sederhana tentang danau, baik danau buatan maupun danau alami,
v  Menyimpulkan alasan orang gemar naik kendaraan.
v  Menjelaskan tempat orang menjual dan membeli alat transportasi.
v  Membuat laporan sederhana tentang proses pendistribusian, perjualan dan pembelian alat transportasi.

v  Membuat dengan menjiplak dari gambar macam-macam transportasi.
v  Mengamati cara menggunakan alat transportasi.
v  Membuat karya seni dari beberapa benda yang sudah tidak terpakai menjadi alat transportasi sederhana.
v  Memainkan alat perkusi sambil bernyanyi “kereta api”.
v  Membuat syair atau sajak sederhana tentangtransportasi.
v Menyanyikan lagu sederhana dengan tema transportasi.
v Mengamati tentang kepekaan sosial orang terhadap alat transportasi tradisional dan modern
v Menyimpulkan alasan mengapa orang tidak peduli / tidak mau menggunakan alat transportasi tradisional
v Menyimpulkan perlunya aturan-aturan yang berlaku masyarakat sekitar tentang cara mengendarai alat transportasi.
v Menunjukkan perilaku terpuji dan setia kawanan.
Konsep
v  Menentukan kata atau kalimat dari suatu wancana.
v  Menggunakan kalimat yang benar dalam berkomunikasi.
v  Menggunakan kata dan kalimat tanta yang benar.
v  Menyusun gambar bagian transportasi dan namanya.
v  Menemukan kosa kata yang berkaitan dengan transportasi.
v  Mengungkapkan sesuatu dengan tuliasan atau karangan.
v Menemukan dan melakukan operasi hitung.
v Membuat perkiraan atau estimasi sederhana tentang jumlah dan luas.
v Menentukan dan membandingkan berbagi bentuk geometris.

v ALLAH SWT memerintahkan agar manusia bekerja keras.
v ALLAH SWT memberikan akal kepada manusia, agar dimanfaatkan dengan baik.
v Manusia menciptakan alat transportasi dari akal yang dibeikan oleh Allah.
v Bumi memiliki bentuk bulat yang memapat pada bagian kutubnya.
v Bentuk permukaan bumi berupa dataran dan peraian.
v Dataran terdiri atas gunung, lembah, jurang, tebing dsb.
v Setiap warna yang berbeda pada peta yang memiliki arti yang berbeda

v Menemukan keragaman alasan orang dalam melakukan tindakan.
v Menemukan lokasi tempat terjadinya kegiatan ekonomi.
v Menemukan hubungan antara daerah dan sebaran transportasi.
v Menemukan cara-cara pengendalian proses distribusi tramsportasi
v Menemukan cara orang dalam menjiplak dengan benar.
v Menggunakan alat-alat rumah tangga yang sudah tidak terpakai untuk memainkan alat musik.
v Menggunakan tarian- tarian sederhana pada lagu.
v Menyusun syair lagu karangan sendiri..
v Mebiasakan diri bertanggung jawab menjaga tramsportasi dari kejahatan orang yang ingin merusak transportasi sebagai wujud kecintaan terhadap makhluk hidup.
v Menemukan keragaman kepekaan sosial dari setiap individu dalam melakukan  suatu tindakan.
v Menemukan aturan-aturan yang berlaku dimasyarakat sekitar tentang pemeliharaan transportasi
v Membiasakan diri melakukan tindakan terpuji di lingkungan rumah dan sekolah
Standar Kompetensi
SK
·       Mendengarkan
1.    Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan.

·       Berbicara
2.    Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan bercerita.
·       Membaca
3.      Memahami teks dengan membaca intensif(150-200 kata) dan membaca puisi
·       Menulis
4.           Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi.
SK
Bilangan
1.  Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
Geometri dan Pengukuran
2.  Menggunakan pengukuran waktu, panjang, dan berat dalam pemecahan masalah
SK
1.   Mengenal ayat–ayat Al-Qur’an
2.   Mengenal sifat mustahil Allah
3.   Membiasakan prilaku terpuji
4.   Melakukan shalat fardhu.
SK
1.    Memahami berbagai cara gerak benda
2.    Menerapkan konsep energi gerak
3.    Memahami kenampakan bumi, cuaca dan pengaruhnya bagi manusia, serta hubunganya dengan manusia memelihara dan melestarikan alam.

SK
1.     Memahami jenis pekerjaan dan penggunan uang.
SK
1.     Membuat syair atau sajak sederhana sederhana.
SK
1.         Memiliki kebanggaan sebagai bangsa indonesia.
Kompetensi Dasar
KD
5.1         Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang didengarnya.
5.2     Menirukan dialog dengan ekspresi yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya.
1.1 Melakukan percakapan melalui telephone/alat komunikasi sederhana dengan menggunakan kalimat ringkas.
6.2 Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar..
7.1     Menjawab atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks panjang (150-200 kata) yang dibaca secara intensif.
7.2     Membaca puisi dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat.
8.1      Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kaliamat yang tepat dengan memperhatikan penggurarangan ejaan, huruf kapital, dan tanda titik.
8.2      Menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik.

KD
3.1     Mengenal pecahan sederhana.
3.2     Membandingkan pecahan sederhana.
3.3     Memecahkan masalah yang berkaitan dengan pecahan sederhana.
4.1     Mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut siat atau unsurnya.
4.2     mengidentifikasi berbagai jenis dan besar sudut.
5.1     Menghitung keliling dan persegi panjang.
5.2     Menghitung luas persegi dan persegi panjang.
5.3     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling, luas persegi dan persegi panjang.

KD
5.1         membaca huruf Al-Qur’an
1.2.    menulis huruf Al-Qur’an
6.1 menyebutkan sifat mustahil Allah swt.

6.2     mengartikan sifat mustahil Allah swt.
7.1 menampilkan perilaku setia kawan.
7.2 Menampilkan perilaku kerja keras.
7.3 menampilkan perilaku penyanyang pada hewan
7.4 menampilkan perilaku penyanyang terhadap lingkungan.
8.1 menyebutkan shalat fardhu.
8.2mempraktikkan shalat fardhu.
KD
5.4     menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran.
5.5     Mendeskripsikan hasil pengamatan tentang pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari.
5.6     Mengidentifiksi sumber energi dan kegunaannya.
5.1     Membuat kincir angin untuk menunjukkan bentuk energi angin dapat diubah menjadi energi gerak.
5.2     Menerapkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari.
6.1      Mendeskripsikan kenampakan permukaan bumi dilingkungan sekitar.
6.2      Menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan cuaca.
6.3      Mendeskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia.
6.4      Mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam dilingkungan sekitar
KD
2.1     Mengenal jenis-jenis pekerjaan.
2.2     Memahami pentingnya semangat kerja.
2.3     Memahami kegiatan jaual beli di lingkungan rumah dan sekolah.
2.4     Mengenal sejarah uang.
2.5     Mengenal penggunaan uang sesuai dengan kebutuhan.

KD
1.2 Menyanyikan lagu sederhana
KD
4.1     mengenal kekhasan bangsa indonesia seperti bhineka tungga ika, peristiwa alam dsb.
4.2     Menampilkan rasa bangsa sebagai anak Indonesia.

Indikator
·      menceritakan kembali wacana tentang alat transportasi “Kereta Api”
·       dapat menyebutkan tokoh yng terdapat dalam wacana
·      menceritakan pengalamannya tpada saat naik kendaraan.
·      dapat menyebutkan cara menggunakan kendaraan.
·      dapat membaca wacana tentang “transportasi“ didepan kelas dengan lafal dan intonasi yang tepat.

·      dapat menuliskan cerita pengalamannya tentang alat-alat transportasi dilingkungan rumahnya.
·      dapat menghitung jumlah alat transportasi yang berada dilingkungan sekolah
·      dapat menghitung  yang berada dilingkungan rumah
·      dapat menghitung satuan hewan dalam satuan berat.
·      Dapat menghitung keliling, luas pada persegi dan persegi panjang
.
·      membaca surat al-fatihah untuk mensyukuri nikmat Allah SWT
·      menulis surat al-fatihah
·       dapat menyebutkan l sifat mustahil bagi Allah.
·       Dapat berprilaku setia kawan di lingkungan mana saja.
·       Dapat menampilkan perilaku baik terhadap lingkungan sekitar.
.
·      dapat menyebutkan pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari.
·      Dapat menyebutkan sumber energi dan kegunaannya.
·      Dapat menunjukkan bentuk energi angin yang dapat diubah menjadi energi gerak.
·      Dapat menerapkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari
·      Dapat menyebutkan kenampakan permukaan bumi dilingkungan sekitar.

·      dapat menyebutkan jenis-jenis pekerjaan
·      dapat memahami pentingnya semangat kerja.
·      \dapat mempraktikkan kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah.

·      menyanyikan lagu dengan tema alat transportasi “Kereta Api”
·      memainkan alat musik perkusi
·      Melakukan tarian sederhana bertemakan kereta api
·      Mengidentifikasi keanekaragaman kekhasan budaya Indonesia.
·      Mengidentifikasi kekayaan alam dan kekhasan bdaya Indonesia
·      Memiliki rasabangsa sebagai anak Indonesia yang memilikikeanekaragaman dan kekhasan budaya serta kekayaan alam yang begitu banyak.

Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal
Apersepsi/Motivasi :
·      Mengisi daftar kelas, berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·      Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·      Mengumpulkan tugas/PR

2.      Kegiatan Inti
v Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, :
·      Siswa dapat mengamati gambar alat transportasi
·      Menyanyikan lagu “ cicak-cicak didinding”
·      Siswa menceritakan dengan kalimat sederhana isi dari gambar tersebut.
·      Siswa dan guru Melakukan tanya jawab tentang ciri –ciri transportasi
·      Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang cara membaca puisi bertemakan alat transportas.

v Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
·      Siswa menyebutkan jenis-jenis alat transportasi yang sering digunakan manusia.
·      Siswa membacakan puisi dengan intonasi yang benar dan penuh ekspresi didepan kelas
·      Guru memberi kesempatan untuk berfikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
v Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, :
·      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
·       Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
3.      Kegiatan Akhir
·      Evaluasi

1.    Kegiatan Awal
Apersepsi/Motivasi :
·      Mengisi daftar kelas, berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·      Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·      Mengumpulkan tugas/PR

2.    Kegiatan Inti
v Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·      Siswa dapat mengamati jenis-jenis alat transportasi yang berada dilingkungan sekolah.
·      Siswa mendengarkan penjelasan guru.
v Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
·      Siswa dapat menyebutkan jumlah alat transportasi yang berada dilingkungan sekolah.
·      Guru memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas,  baru baik secara lisan diskusi, dan lain-lain, untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis
v Siswa mengamati, tanya jawab dan praktek langsung menghitung jumlah kendaraanyang sering digunakan manusia dikehidupan sehari-hari
v Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,:
·      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
·      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3.    Kegiatan Akhir
·      Evaluasi

1.    Kegiatan Awal
Apersepsi/Motivasi :
·      Mengisi daftar kelas, berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·      Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·      Mengumpulkan tugas/PR

2.    Kegiatan Inti
v Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, :
·  Siswa dapat mengamati kebesaran Allah SWT yang telah menciptakan alam semesta begitu indah.
·  Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai tentang sifat mustahil allah
v Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, :
·  Siswa dapat membaca surat al-fatihah dengan baik
·  Siswa dapat menulis surat alfatihah dengan benar.
·  Siswa dapat menyebutkan  sifat mustahil allah
·  Siswa dapat menyebutkan arti dari sifat mustahil allah.
v Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,:
·      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
·      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.

3.    Kegiatan Akhir
·      Evaluasi


1.    Kegiatan Awal
Apersepsi/Motivasi :
·      Mengisi daftar kelas, berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·      Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·      Mengumpulkan tugas/PR

2.    Kegiatan Inti
v Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Siswa dapat mengamati gambar permukaan bumi.
·         Siswa menyanikan lagu “bintang kecil”
·         Siswa mendengarkan penjelasan guru bentuk permukaam bumi.
v Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,:
·           Siswa dapat menyebutkan bentuk permukaan bumi
·           Siswa dapat menyebutkan macam bentuk permukaan bumi.
·           Guru memfasilitasi siswa berkompetensi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
·           Siswa dapat membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis secara individual maupun perkelompok.
v Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, :
·      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
·      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.

3.    KegiatanAkhir
·      Evaluasi


1.    Kegiatan Awal
Apersepsi/Motivasi :
·      Mengisi daftar kelas, berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·      Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·      Mengumpulkan tugas/PR

2.    Kegiatan Inti
v Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,:
·  Siswa dapat mengamati gambar mata uang.
·  Guru menceritakan dengan kalimat sederhana isi dari gambar tersebut.
·  Guru menjelaskan tentang kegiatan jual beli.
·  Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang kegiatan jual beli.
v Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, :
·      Siswa dapat menyebutkan nilai mata uang.
·      Siswa dapat melakukan kegiatan jual beli.
·      Guru memberi kesempatan untuk berfikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
v Siswa dapat membuat laporan sederhana tentang kegiatan jual beli pada saat dipasar atau dikantin sekolah. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,:
·      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
·      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
3.    KegiatanAkhir
·      Evaluasi



1.    Kegiatan Awal
Apersepsi/Motivasi :
·      Mengisi daftar kelas, berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·      Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·      Mengumpulkan tugas/PR

2.    Kegiatan Inti
v Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,:
·       Siswa mengamati guru bernyanyi menggunakan alat-alat perkusi
·      Menyanyikan lagu “Burung  kakak tua/naik kereta api”
·      Siswa dapat mengikuti tarian sederhana pada lagu.

v Eksplorasi
·     Siswa dapat bernyanyi menggunakan alat perkusi.
·     Siswa dapat tampil didepan kelas.
·     Guru memberikan kesempatan untuk berfikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
·     Siswa dapat menciptakan tarian sederhana pada lagu.
v Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,:
·      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
·      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.

3.    KegiatanAkhir
·      Evaluasi

1.      Kegiatan Awal
Apersepsi/Motivasi :
·      Mengisi daftar kelas, berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·      Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·      Mengumpulkan tugas/PR

2.    Kegiatan Inti
v Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,:
·          Siswa mengamati gambar alat transportasi modern dan tradisional.
·          Siswa menceritakan dengan kalimat sederhana dari hasil yang dilihatnya dilingkungan sekolah
v  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi ini, guru:
·           Siswa menyebutkan alat transportasi modern dan tradisional dilingkungan sekitar.
·           Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis alat transportasi.
·           Guru memberikan kesempatan untuk berfikir, menganalisis, menyelesaikan masalah.
v Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,:
·      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
·      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.

3.      KegiatanAkhir
·      Evaluasi

Metode
·         Tanya Jawab
·         Resitasi
·         Demonstrasi
·         Performance
·         Ceramah

·      Tanya jawab
·      Resitasi
·      Ceramah
·       Ceramah
·       Tanya jawab
·       Observasi
·       Demonstrasi
·       Simulasi
·       Tanya jawab
·       Resitasi
·       Eksperimen
·       Diskusi
·       Ceramah
·       tanya jawab
·       observasi
·       resitasi
·       ceramah
·       observasi

·      tanya jawab
·      resitasi
·      bernyanyi
·      performance
·      ceramah

·      tanya jawab
·      observasi
·      resitasi
·      ceramah
Model Pembelajaran
Simbiotis dan Proyek
Media & Sumber Belajar
·         Koran atau majalah
·         Buku Paket
·         Artikel dari situs geogle (internet)
·         Gambar alat transportasi
·      Buku paket
·      Gambar alat transportasi
·       Al-qur’an
·       Buku paket
·       Gambar

·       Buku paket
·       Gambar
·       Streoform
·       Karton
·       Paku payung
·       uang
·       Buku paket
·       Masyarakat
sekitar
·       Gambar
·      Alat gambar
·      Buku paket
·      Menyanyi
·      Buku paket
·      Gambar
·      Masyarakat sekitar
Evaluasi
·         Tes lisan
·         Tes tertulis
·         Tes performance
·      Tes lisan
·      Tes tertulis
·      Tes performace
·       Tes lisan
·       Tes tertulis
·       Tes perforance
·       Tes lisan
·       Tes tertulis
·       Tes
·       performace
·       Tes lisan
·       Tes tertulis
·      Tes lisan
·      Tes tertulis
·      Tes lisan
·      Tes tertulis

















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Tema                                       : ALAT TRANSPORTASI
Kelas / Semester                      : 3 / 2
Pertemuan ke              : 1
Hari/ Tanggal              : Selasa, 3 April 2012
Komponen
Kegiatan Pembelajaran
Kompetensi Dasar
BAHASA INDONESIA
Memahami teks dengan membaca intensif(150-200 kata) dan membaca puisi
 SAINS
 Memahami kenampakan bumi, cuaca dan pengaruhnya bagi manusia, serta hubunganya dengan manusia memelihara dan melestarikan alam.
IPS
Memahami jenis pekerjaan dan penggunan uang.
Indikator
BAHASA INDONESIA
·           Siswa dapat membacakan puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat.
·           Siswa dapat membacakan puisi dengan penghayatan dan memperhatikan jeda dengan benar.
·           Siswa dapat menjelaskan isi puisi.
SAINS
·           Siswa dapat menjelaskan kenampakan permukaan bumi dilingkungan sekitar.
·           Siswa dapat menyebutkan bentuk permukaan bumi.
·           Siswa dapat menyebutkan arti warna pada peta.
IPS
·           Siswa dapat menjelaskan proses kegiatan jual beli.
·           Siswa dapat mempraktikkan kegiatan jual beli.
·           Siswa dapat menyebutkan tempat-tempat jual beli dilingkungan rumah, sekolah dan dimasyarakat.
Metode
BAHASA INDONESIA
·           Tanya Jawab
·           Resitasi
·           Demonstrasi
·           Performance
·           Ceramah
SAINS
·       Tanya jawab
·       Resitasi
·       Eksperimen
·       Diskusi
·       Ceramah
IPS
·        tanya jawab
·       observasi
·       resitasi
·       ceramah
·       observasi
Sumber belajar
BAHASA INDONESIA
·         Buku Paket Bahasa Indonesia kelas 3
·         Artikel dari situs google (internet)
·         Majalah bobo
SAINS
·         Buku Paket SAINS kelas 3
·         Gambar dari situs google (internet)
·         Majalah
IPS
·         Buku Paket kelas 3
·         Gambar dari situs google (internet)
·         Majalah
Media
BAHASA INDONESIA
·         Artikel puisi yang berjudul “AKULAH KERETA API DUKA”
·         Gambar-gambar alat transportasi
SAINS
·         Karton
·         Daouble tip
·         steroform
IPS
·         uang mainan
·         steroform
·         paku payung

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN
WAKTU
PROSES PEMBELAJARAN
METODE
PENILAIAN
BAHASA INDONESIA














































07.15 – 07.20










07.20 – 07.30
















07.30 – 07.55









07.55 – 08.00













A.  Kegiatan Awal
Apersepsi/motivasi :
·      Mengisi daftar kelas, berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·      Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·      Mengumpulkan tugas/PR

B.  Kegiatan Inti
v Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
·         Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang puisi
·         Siswa dapat mengamati lembar puisi yang dibagikan oleh guru.
·         Guru mempraktikkan membaca puisi dengan benar.
·         Guru mengadakan tanya jawab kepada siswa.
v Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,:
·           Siswa dapat mempraktikkan cara membaca puisi didepan kelas.
·           Guru memfasilitasi siswa berkompetensi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
v Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,:
·      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
·      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.

C.  KegiatanAkhir
·      Evaluasi


·      Tanya Jawab












·      Ceramah


·      Demonstrasi


·      Demonstrasi


·      Tanya Jawab




·      Performance



·      Performance






·      Tanya jawab



































·      Tes lisan




·      Tes Performance



·      Tes performance






·      Tes lisan
SAINS
08.00 – 08.15




08.00 – 08.20












08.20 – 08.55








08.55 – 09.00










08.55 – 09.00

B.  Kegiatan Inti
v Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,:
·      Mendengarkan penjelasan guru tentang bentuk permukaan bumi.
·      Siswa dapat menceritakan dengan kalimat sederhana tentang bumi.
·      Guru melakukan tanya jawab tentang ciri-ciri hewan
v Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru :
·      Siswa menyebutkan bentuk permukaan bumi.
·      Guru memberikan tugas
·      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
·      Guru memberikan games kepada siswa
·      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemah
v Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,:
·      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
·      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
C. Kegiatan Akhir
·      Evaluasi




·           Demonstrasi

·           Ceramah



·           Demonstrasi



·           Tanya Jawab





·           Tanya jawab


·           Pemberian Tugas
·           Bercerita










·      Tanya Jawab











·           Tes Performance



·           Tes lisan





·           Tes lisan



·           Tes Performance










·           Tes lisan










ISTIRAHAT
MATEMATIKA
IPS
10.30 – 10.45















10.45 – 11.20















11.20 – 11 30












A.    Kegiatan Inti
v Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
·      Siswa mengamati media yang di tampilkan guru
·      Siswa dapat menceritakan dengan kalimat sederhana tentang media yang guru tampilkan.
·      Guru menjelaskan tentang kegiatan jual beli menggunakan uang.
·         Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
v Eksplorasi
·     Guru mempraktikkan cara kegiatan jual beli menggunakan uang.
·     Memberikan kesempatan untuk berfikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
·     Siswa mempraktikkan kegiatan jual beli secara berkelompok didepan kelas.
·     Guru memberikan games kepada siswa
v Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
·      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
·      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.

v  Kegiatan Akhir
Evaluasi




·      Demonstrasi


·      Bernyanyi

·      Bermain





·      Bernyanyi

·       Bermain peran







·      Bermain peran




·      Tes lisan










·      Tes performace









·      Tes performance

Nb       : Akhir tahun akan di adakan pementasan perkusi dan lomba membaca puisi.












EVALUASI / PENILAIAN
BAHASA INDONESIA
FORMAT PENILAIAN TES LISAN
NO
Nama Siswa
Keberanian menjawab/mengeluarkan pendapat
Ketepatan Jawaban
Keseriusan dan konsentrasi menyimak pembelajaran
Hasil






























A         :  85 – 90 = BAIK
B         : 70 – 80 = CUKUP
C         : 50 – 60 = KURANG
Tes Performance
Individu
NO
NAMA ANAK
PELAFALAN
INTONASI
EKSPRESI
HASIL
KETERANGAN




































Keterangan kategori nilai :
A (Amat baik) = 80 – 90
B (Baik )                     = 70 – 75
C ( Cukup )                 = 60 – 65
K (Kurang)                  = 50 – 55
SAINS
Tes Performance
Kelompok
NO
NAMA SISWA
KEAKTIFAN SISWA
PENGUASAAN MATERI
KEKOMPAKAN DAN KERAPIHAN
HASIL
KETERANGAN



































Keterangan kategori nilai :
A (Amat baik) = 80 – 90
B (Baik )                     = 70 – 75
C ( Cukup )                 = 60 – 65
K (Kurang)                  = 50 – 55
IPS
Tes Performance
Kelompok
NO
NAMA SISWA
KEAKTIFAN SISWA
PENGUASAAN MATERI
KEKOMPAKAN DAN KERAPIHAN
HASIL
KETERANGAN




































Keterangan kategori nilai :
A (Amat baik) = 80 – 90
B (Baik )                     = 70 – 75
C ( Cukup )                 = 60 – 65
K (Kurang)                  = 50 – 55






PUISI
AKULAH KERETA API DUKA
Akulah kereta api duka
kamu dapat memandangku
dari balik penghalang bambu
tapi kamu tak dapat menyentuhku

Sekali kamu menyentuhku
maka melayanglah wahai nyawa
jika kamu terus dekati aku
jadilah masinis yang baik
bawalah aku kemanapun kamu pergi

Tetapi jika kamu hanya ingin mencoba menumpangiku
maka bergegaslah turun dari keretaku

Jangan coba menerobos ke dalam jantungku
duduklah manis dan nikmatilah aku
tapi jangan pernah sedikitpun menyentuhku
Akulah si kereta api duka


SAINS
Perhatikan pernyataan pada tabel berikut. Manakah pernyataan di bawah ini yang benar. Berikanlah tanda (   ) pada kolom yang tersedia.

NO
PERNYATAAN
BENAR
SALAH
1
Lautan ditampilkan dengan warna biru kehijauan.
....
....
2
Semakin tua warna yang ditampilkan semakin tinggi dataran yang ada dipermukaan bumi.
....
....
3
Gunung sering kali ditampilkan dengan warna coklat kekuningan.
....
....
4
Dataran yang tingginya lebih dari 200 meter ditunjukkan dengan hijau tua.
....
....






             GURU PAMONG                                                                               GURU PRAKTIK

           


         ( NURLAILA, S.PdI )                                                                            ( NURUL FARIDA )


Mengetahui,
Kepala Sekolah SDI TAHTA SYAJAR


( IKHWAN FIRDAUS, S. Ag )




Tidak ada komentar:

Posting Komentar