Sabtu, 21 April 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KELAS III SEMESTER 2



Nama Sekolah             : SDI Tahta Syajar
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Hari/Tanggal               : Rabu, 11 April 2012
Kelas/Semester            : III/ II
Pertemuan ke-1           : I
I.                   STANDAR KOMPETENSI
·      Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan bercerita.
II.                KOMPETENSI DASAR
·       Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau didengar.
III.             INDIKATOR
·           Siswa dapat menyebutkan bagian-bagian surat.
·           Siswa dapat membuat surat pribadi.
IV.             ALOKASI WAKTU
·         2 X 30 Menit
V.                MATERI AJAR
·         guMelakukan percakapan.
VI.             LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN.
A.    Kegiatan Awal (10.30-10.35)
Apersepsi/Motivasi :
·         Mengisi daftar kelas, berdoa, absen, mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.
·         Tepuk semangat
·         Memperingatkam cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·         Mengumpulkan tugas/PR.
B.     Kegiatan Inti (10.35-11-25)
v  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
·           Guru menjelaskan bagian-bagian surat.
·           Siswa mendengarkan penjelasan guru.
·           Murid mengamati surat pribadi yang di buku paket.
·           Guru mempraktikkan cara menulis surat dengan benar.
·           Guru bertanya kepada siswa tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
v  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·           Guru meminta salah satu siswa untuk membaca ulang  surat pribadi.
·           Guru mempersilahkan siswa untuk bertanya.
·           Guru memberikan tugas kepada siswa untuk membuat surat pribadi.
·           Guru memberikan games kepada siswa secara berkelompok.
·           Guru memberikan reward kepada kelompok pemenang.
v  Konfirmasi
·           Guru bersama siswa membuat kesimpulan.
·           Guru bersama siswa meluruskan kesalahfahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
·           Guru bersama siswa mengucapkan hamdalah.
·           Doa bersama sebelum pulang.
A.    Kegiatan Akhir
Evaluasi
·           Guru mengevaluasi kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
VII.          ALAT DAN SUMBER BELAJAR.
Sumber belajar :
·         Buku Paket  Bahasa Indonesia kelas 3 Sekolah Dasar.
·         Artikel dari situs geogle (internet)
Alat :
·         Streoform
·         Paku payung
·         Karton
·         amplop
VIII.       METODE PEMBELAJARAN.
·         Demonstrasi
·         Diskusi
·         Ceramah
·         Tanya jawab
·         Pemberian tugas.
IX.             PENILAIAN
1.      Teknis tes
·         Tes dan non tes
2.      Bentuk tes
·         Lisan
Ø  Keberanian menjawab atau mengeluarkan pendapat
Ø  Ketepatan jawaban
Ø  Keseriusan dan konsentrasi menyimak pembelajaran
·         Tertulis
Ø  Isian

·         Performance
Ø  Ketepatan dalam memilih alat musik
Ø  Keseriusan dan konsentrasi dalam memainkan alat musik
3.      Aspek yang dinilai
·         Aspek Afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerja sama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan keperdulian dalam lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan berdiskusi.
·         Aspek Psikomotorik
Komponen yang dinilai melalui ketepatan memilih bahan, keterampilan menggunakan peralatan dan menggunakan alat. Penilaian ini dilakukan saat siswa melakukan kegiatan memainkan alat perkusi.


·         Aspek Kognitif
Komponen yang dinilai melalui kemampuan menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru pada saat tes lisan.
PENILAIAN TES LISAN
NO
Nama Siswa
Keberanian menjawab/mengeluarkan pendapat
Ketepatan Jawaban
Keseriusan dan konsentrasi menyimak pembelajaran
Hasil































A         :  85 – 90 = BAIK
B         : 70 – 80 = CUKUP
C         : 50 – 60 = KURANG
FORMAT TES PERFORMANCE
( Aspek Menulis )
Individu
No
Nama Kelompok
Susunan surat
Penulisan
Penggunaan ejaan
Hasil
Keterangan



































Keterangan kategori nilai :
A (Amat baik) = 80 – 90
B (Baik )                     = 70 – 75
C ( Cukup )                 = 60 – 65
K (Kurang)                  = 50 – 55


         GURU PAMONG                                                                     GURU PRAKTIK



       ( NURLAILA S.PdI )                                                                ( NURUL FARIDA )


Mengetahui,
Kepala Sekolah SDI TAHTA SYAJAR


( IKHWAN FIRDAUS, S. Ag )




Tidak ada komentar:

Posting Komentar