Nama
Sekolah :
SDI Tahta Syajar
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Hari/Tanggal : Rabu, 11 April 2012
Kelas/Semester : III/ II
Pertemuan
ke-1 : I
I.
STANDAR KOMPETENSI
· Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan dengan
bertelepon dan bercerita.
II.
KOMPETENSI DASAR
·
Menceritakan
peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau didengar.
III.
INDIKATOR
·
Siswa
dapat menyebutkan bagian-bagian surat.
·
Siswa
dapat membuat surat pribadi.
IV.
ALOKASI
WAKTU
·
2 X
30 Menit
V.
MATERI AJAR
·
guMelakukan
percakapan.
VI.
LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN.
A.
Kegiatan Awal (10.30-10.35)
Apersepsi/Motivasi
:
·
Mengisi
daftar kelas, berdoa, absen, mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.
·
Tepuk
semangat
·
Memperingatkam
cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·
Mengumpulkan
tugas/PR.
B.
Kegiatan Inti (10.35-11-25)
v Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi :
·
Guru
menjelaskan bagian-bagian surat.
·
Siswa
mendengarkan penjelasan guru.
·
Murid
mengamati surat pribadi yang di buku paket.
·
Guru
mempraktikkan cara menulis surat dengan benar.
·
Guru
bertanya kepada siswa tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
v Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Guru
meminta salah satu siswa untuk membaca ulang
surat pribadi.
·
Guru
mempersilahkan siswa untuk bertanya.
·
Guru
memberikan tugas kepada siswa untuk membuat surat pribadi.
·
Guru
memberikan games kepada siswa secara berkelompok.
·
Guru
memberikan reward kepada kelompok pemenang.
v Konfirmasi
·
Guru
bersama siswa membuat kesimpulan.
·
Guru
bersama siswa meluruskan kesalahfahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
·
Guru
bersama siswa mengucapkan hamdalah.
·
Doa
bersama sebelum pulang.
A.
Kegiatan Akhir
Evaluasi
·
Guru
mengevaluasi kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
VII.
ALAT DAN SUMBER BELAJAR.
Sumber belajar
:
·
Buku
Paket Bahasa Indonesia kelas 3 Sekolah
Dasar.
·
Artikel
dari situs geogle (internet)
Alat :
·
Streoform
·
Paku
payung
·
Karton
·
amplop
VIII.
METODE PEMBELAJARAN.
·
Demonstrasi
·
Diskusi
·
Ceramah
·
Tanya
jawab
·
Pemberian
tugas.
IX.
PENILAIAN
1.
Teknis tes
·
Tes
dan non tes
2.
Bentuk tes
·
Lisan
Ø Keberanian menjawab atau mengeluarkan pendapat
Ø Ketepatan jawaban
Ø Keseriusan dan konsentrasi menyimak pembelajaran
·
Tertulis
Ø Isian
·
Performance
Ø Ketepatan dalam memilih alat musik
Ø Keseriusan dan konsentrasi dalam memainkan alat musik
3.
Aspek yang dinilai
·
Aspek
Afektif (sikap)
Komponen
yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerja sama, keaktifan, kemampuan
mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan keperdulian dalam lingkungan. Penilaian
dilakukan saat siswa melakukan berdiskusi.
·
Aspek
Psikomotorik
Komponen
yang dinilai melalui ketepatan memilih bahan, keterampilan menggunakan
peralatan dan menggunakan alat. Penilaian ini dilakukan saat siswa melakukan
kegiatan memainkan alat perkusi.
·
Aspek
Kognitif
Komponen yang
dinilai melalui kemampuan menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru pada saat
tes lisan.
PENILAIAN TES LISAN
NO
|
Nama Siswa
|
Keberanian
menjawab/mengeluarkan pendapat
|
Ketepatan
Jawaban
|
Keseriusan
dan konsentrasi menyimak pembelajaran
|
Hasil
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
A : 85 – 90 = BAIK
B :
70 – 80 = CUKUP
C :
50 – 60 = KURANG
FORMAT TES PERFORMANCE
( Aspek Menulis )
Individu
No
|
Nama Kelompok
|
Susunan surat
|
Penulisan
|
Penggunaan
ejaan
|
Hasil
|
Keterangan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
kategori nilai :
A
(Amat baik) = 80 – 90
B
(Baik ) = 70 – 75
C (
Cukup ) = 60 – 65
K
(Kurang) = 50 – 55
GURU PAMONG
GURU PRAKTIK
( NURLAILA S.PdI ) ( NURUL FARIDA )
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDI TAHTA SYAJAR
( IKHWAN FIRDAUS, S. Ag )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar