Jumat, 15 Juli 2011

Metode Pembelajaran

aku tidak mau menulis sia-sia hanya untuk membahas hal-hal yang tidak penting,, makanya disini,, ada sesuatu yang ingin aku share ke teman-teman sejagat raya,,, (sejagat raya?? weeewww,,, imajinasiku terlalu lebay yaa...)

aku sudah mempraktekkan metode-metode ini untuk caberawit,, dan hasilnya,, subhanalloh,,,

klo kita bisa dijalankan dgn niat karna allah dan ada materi yg spektakuler sehingga akan tidak akan jenuh apalagi bosen pada saat kita mengajar,,, tapiii malahh kita yg akan di tunggu-tunggu pembelajarannya,,,





Metode yang dapat digunakan atau dikembangkan, antara lain :

1. Metode penemuan

Metode pendidikan yang mengkondisikan anak untuk mencari dan menemukan sendiri pengetahuannya, mengembangkan kemampuan dan keterampilan pada anak agar lebih kreatif dan aktif.

2. Metode observasi

Metode yang Bahan pengajaran disajikan dengan konkret sehingga anak dapat melakukan pengamatan dan mengalami secara langsung.

3. Metode eksperimen

Metode pembelajaran yang dilakukan dengan cara mengikuti dan melaksanakan prosedur percobaan ilmiah dalam memahami suatu gejala atau peristiwa tertentu. Metode ini menuntut keaktifan anak untuk melakukan percobaan sendiri, mengamati proses dan hasil percobaan yang dilakukannya. Sehingga anak dapat berpikir dan bekerja secara sistematis.

4. Metode problem solving

Metode pengajaran yang melibatkan guru dan siswa untuk memecahkan suatu masalah yang berkaitan dengan bahan pembelajaran.

5. Metode demonstrasi

Metode pengajaran yang dilakukan dengan cara memperlihatkan suatu bentuk proses atau kegiatan tertentu agar dapat diikuti oleh anak.

6. Metode diskusi

Metode dengan mengajar anak membicarakan suatu benda atau peristiwa yang akan dibahas bersama.

7. Metode resitasi

Metode dengan memberikan penugasan pada anak untuk mengerjakan berbagai kegiatan atau permainan tertentu.

8. Metode tanya jawab

Metode yang melibatkan anak dan guru melakukan kegiatan tanya jawab tentang suatu tema, objek atau peristiwa tertentu.

9. Metode buah limau (menjadi ciri khas)

Metode pendidikan yang dilaksanakan dalam menanamkan budi pekerti dan kata hati anak yaitu dengan mengalahkan keburukan tingkah laku anak dengan perbuatan baik. Oleh karena itu pendidikan ini menentang adanya hukuman sebagai bentuk alat pendidikan.





adapun langkah-langkah dalam pelaksanaan pembelajaarannya tunggu dicatatanku slanjutnya yaaahhh,,,,

disini akuu mau share ma kalian smua,,,

smoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar