Mata
pelajaran Kerajinan Tangan dan Kesenian merupakan bagian yang tidak terpisahkan
dari kehidupan dan perkembangan jiwa siswa. Tujuan mata pelajaran Kerajinan
Tangan dan Kesenian adalah untuk mengembangkan sikap, kemampuan (keterampilan
dasar), kreativitas, dan kepekaan cita rasa. Adapun ruang lingkup mata
pelajaran Kerajinan Tangan dan Kesenian meliputi bahan kajian:
a. Mainan, hiasan, benda pakai, dan pengolahan makanan
b. Gambar, cetak, bentuk, dan penataan
c. Kepekaan unsur-unsur dan kreativitas musik
d. Wiraga, wirama, dan wirasa
Pada dasarnya dalam pembelajaran kerajinan tangan dan kesenian di sekolah dasar terdapat tiga bidang seni yaitu seni rupa, seni musik, dan seni tari/drama. konsep-konsep seni rupa mencakup juga konsep kerajian.
a. Mainan, hiasan, benda pakai, dan pengolahan makanan
b. Gambar, cetak, bentuk, dan penataan
c. Kepekaan unsur-unsur dan kreativitas musik
d. Wiraga, wirama, dan wirasa
Pada dasarnya dalam pembelajaran kerajinan tangan dan kesenian di sekolah dasar terdapat tiga bidang seni yaitu seni rupa, seni musik, dan seni tari/drama. konsep-konsep seni rupa mencakup juga konsep kerajian.
Konsep Pendidikan dan Kerajinan
1. Terdapat dua pendekatan pendidikan seni pada jalur sekolah yakni “seni dalam pendidikan” dan “pendidikan melalui seni”.
2. Pendekatan seni dalam pendidikan adalah sebagai bentuk pendidikan seni sebagai upaya pewarisan dan sekaligus pengembangan atas beragam seni kepada anak didik. Kesenian yang telah dimiliki masyarakat agar tidak punah dan malah berkembang, oleh karena itu anak didik perlu dididik agar pandai dalam bidang seni. Pada gilirannya dapat dihasilkan calon-calon seniman yang handal.
3. Pendidikan melalui seni adalah bentuk pendidikan seni yang digunakan sebagai upaya, sarana, alat atau media pencapaian sasaran pendidikan secara umum. Melalui pendidikan seni diharapkan dapat menghasilkan anak didik yang memiliki keterampilan, kreatif dan inovatif
Fungsi Pendidikan Seni dan Kerajinan
1. Pada kurikulum sekolah dinyatakan bahwa fungsi pendidikan seni (Kertangkes) adalah mengembangkan sikap dan kemampuan siswa agar berkreasi dan menghargai seni.
2. Berdasarkan pernyataan para ahli fungsi pendidikan seni bagi anak adalah sebagai media ekspresi, komunikasi, bermain, pengembangan bakat dan kreativitas.
3. Pendidikan seni dapat digunakan sebagai sarana penyaluran pengungkapan perasaan yang dihadapi anak, menyedihkan atau menyenangkan, kemarahan, ketakjuban dan sebagainya. Maka pendidikan seni memiliki fungsi sebagai media berekspresi.
4. Pendidikan seni dapat digunakan oleh anak untuk menceriterakan kepada orang lain pengalaman-pengalaman yang telah dimiliki. Anak dapat berkomunikasi dengan orang lain melalui karyanya. Oleh karena itu pendidikan seni memiliki fungsi sebagai media komunikasi.
5. Pendidikan seni sebagai media bermain dimaksudkan sebagai wahana penyeimbang kegiatan belajar lain yang lebih memerlukan kemampuan berpikir kritis kepada situasi yang rileks. Pendidikan seni menjadi pendidikan rekreatif, menyenangkan, sesuai dengan karakter anak yang menyukai berbagai bentuk permainan.
6. Setiap orang, termasuk juga anak, memiliki potensi atau bakat alamiah baik yang bersifat umum atau khusus di bidang seni berbeda-beda proporsinya. Pendidikan seni dapat digunakan dalam rangka pemupukan dan pengembangan bakat melalui berbagai aktivitas seni: menggambar, menyanyi, atau menari yang secara alamiah dimiliki oleh anak
7. Pendidikan seni dapat digunakan untuk mengarahkan dan mengembangkan dalam hal penemuan baru (inovatif), menghargai perbe-daan karya orang lain. Pribadi anak yang kreatif dapat digunakan pendidikan seni sebagai wahananya, oleh karena itu pendidikan seni oleh para ahli dinyatakan sebagai bentuk kegiatan pendidikan yang paling efektif bagi pengembangan kreativitas anak.
Ruang Lingkup Pendidikan Seni dan Kerajinan Tangan
1. Pendidikan seni dan kerajinan di sekolah merupakan upaya penanaman nilai-nilai estetis yang bertujuan memberikan pengalaman kreatif dan apresiatif.
2. Ruang lingkup pendidikan seni dan kerajinan adalah meliputi aspek pengetahuan, apresiasi dan pengalaman kreatif.
3. Aspek pengetahuan seni dan kerajinan berkenaan dengan pembahasan karakteristik masing-masing cabang seni yang berkenaan dengan jenis, bahan, alat, teknik, unsur, prinsip desain atau komposisi, corak, dan sejarah perkembangannya.
4. Aspek apresiasi seni berkaitan dengan respons siswa atas karya yang dihadapi. Kegiatan apresiasi dapat dilakukan di dalam atau di luar kelas. Apresiasi di dalam kelas dapat dilakukan dengan apresiasi karya seni rupa, nyanyian, atau tarian teman sekelasnya, pajangan kelas, pemutaran slide, film, kaset, TV, video, dan sebagainya. Sementara apresiasi di luar kelas dapat dilakukan dengan mengunjungi pameran, museum, monumen, candi atau tempat-tempat bersejarah, galeri, studio seni, pusat seni/industri masyarakat, dan pertunjukan-pertunjukan seni lainnya. Kegiatan apresiasi seni ini dalam kurikulum dituangkan dalam pokok bahasan pergelaran.
5. Aspek pengalaman kreatif berkenaan dengan pembelajaran penciptaan atau perbuatan karya seni berlangsung. Praktek berkarya seni rupa, praktek menyanyi dan bermain instrumen, praktek menari adalah persoalan pengalaman kreatif. Oleh karena itu pengalaman kreatif berkaitan dengan penuangan gagasan, pemanfaatan dan penguasaan media, dan penguasaan teknik.
1. Pada kurikulum sekolah dinyatakan bahwa fungsi pendidikan seni (Kertangkes) adalah mengembangkan sikap dan kemampuan siswa agar berkreasi dan menghargai seni.
2. Berdasarkan pernyataan para ahli fungsi pendidikan seni bagi anak adalah sebagai media ekspresi, komunikasi, bermain, pengembangan bakat dan kreativitas.
3. Pendidikan seni dapat digunakan sebagai sarana penyaluran pengungkapan perasaan yang dihadapi anak, menyedihkan atau menyenangkan, kemarahan, ketakjuban dan sebagainya. Maka pendidikan seni memiliki fungsi sebagai media berekspresi.
4. Pendidikan seni dapat digunakan oleh anak untuk menceriterakan kepada orang lain pengalaman-pengalaman yang telah dimiliki. Anak dapat berkomunikasi dengan orang lain melalui karyanya. Oleh karena itu pendidikan seni memiliki fungsi sebagai media komunikasi.
5. Pendidikan seni sebagai media bermain dimaksudkan sebagai wahana penyeimbang kegiatan belajar lain yang lebih memerlukan kemampuan berpikir kritis kepada situasi yang rileks. Pendidikan seni menjadi pendidikan rekreatif, menyenangkan, sesuai dengan karakter anak yang menyukai berbagai bentuk permainan.
6. Setiap orang, termasuk juga anak, memiliki potensi atau bakat alamiah baik yang bersifat umum atau khusus di bidang seni berbeda-beda proporsinya. Pendidikan seni dapat digunakan dalam rangka pemupukan dan pengembangan bakat melalui berbagai aktivitas seni: menggambar, menyanyi, atau menari yang secara alamiah dimiliki oleh anak
7. Pendidikan seni dapat digunakan untuk mengarahkan dan mengembangkan dalam hal penemuan baru (inovatif), menghargai perbe-daan karya orang lain. Pribadi anak yang kreatif dapat digunakan pendidikan seni sebagai wahananya, oleh karena itu pendidikan seni oleh para ahli dinyatakan sebagai bentuk kegiatan pendidikan yang paling efektif bagi pengembangan kreativitas anak.
Ruang Lingkup Pendidikan Seni dan Kerajinan Tangan
1. Pendidikan seni dan kerajinan di sekolah merupakan upaya penanaman nilai-nilai estetis yang bertujuan memberikan pengalaman kreatif dan apresiatif.
2. Ruang lingkup pendidikan seni dan kerajinan adalah meliputi aspek pengetahuan, apresiasi dan pengalaman kreatif.
3. Aspek pengetahuan seni dan kerajinan berkenaan dengan pembahasan karakteristik masing-masing cabang seni yang berkenaan dengan jenis, bahan, alat, teknik, unsur, prinsip desain atau komposisi, corak, dan sejarah perkembangannya.
4. Aspek apresiasi seni berkaitan dengan respons siswa atas karya yang dihadapi. Kegiatan apresiasi dapat dilakukan di dalam atau di luar kelas. Apresiasi di dalam kelas dapat dilakukan dengan apresiasi karya seni rupa, nyanyian, atau tarian teman sekelasnya, pajangan kelas, pemutaran slide, film, kaset, TV, video, dan sebagainya. Sementara apresiasi di luar kelas dapat dilakukan dengan mengunjungi pameran, museum, monumen, candi atau tempat-tempat bersejarah, galeri, studio seni, pusat seni/industri masyarakat, dan pertunjukan-pertunjukan seni lainnya. Kegiatan apresiasi seni ini dalam kurikulum dituangkan dalam pokok bahasan pergelaran.
5. Aspek pengalaman kreatif berkenaan dengan pembelajaran penciptaan atau perbuatan karya seni berlangsung. Praktek berkarya seni rupa, praktek menyanyi dan bermain instrumen, praktek menari adalah persoalan pengalaman kreatif. Oleh karena itu pengalaman kreatif berkaitan dengan penuangan gagasan, pemanfaatan dan penguasaan media, dan penguasaan teknik.
Daftar Pustaka
Kamaril Cut, dkk. 2007. Pendidikan Seni Rupa dan Kerajinan Tangan. Jakarta: Universitas Terbuka
Soemarjadi, dkk. 2001. Pendidikan Keterampilan. Malang: Universitas Negeri Malang
http://KTK.htm/2008/09/e-Library UT
Sumber : pustaka.ut.ac.id/pustaka/online.php
Kamaril Cut, dkk. 2007. Pendidikan Seni Rupa dan Kerajinan Tangan. Jakarta: Universitas Terbuka
Soemarjadi, dkk. 2001. Pendidikan Keterampilan. Malang: Universitas Negeri Malang
http://KTK.htm/2008/09/e-Library UT
Sumber : pustaka.ut.ac.id/pustaka/online.php
agen poker
BalasHapuspoker online
agen poker terbaik
agen poker terpercaya
poker uang asli
Sbobet
Agen Sbobet
Agen IBcbet
agen MAXBET
bandar bola
judi bola
judi online
taruhan bola
agen resmi sbobet
agen bola
agen bola terpercaya
agen sbobet terpercaya
agen poker
poker online
agen poker terbaik
agen poker terpercaya
poker uang asli
sabung ayam
adu ayam
ngadu ayam
laga ayam
permainan adu ayam
ayam petarung
ayam sabung
ngadu ayam jago
adu ayam online
taruhan ayam
sabung ayam terbaik
judi online ayam
ayam sabung online
judi adu ayam
situs sabung online
judi sabung online
permainan laga ayam
sabung online
sbobet
agen sbo
agen sbobet
agen sbobet terbaik
agen sbobet terpercaya
sbobet asia
ibcbet
agen ibcbet
agen ibcbet terbaik
agen ibcbet terpercaya
ibcbet online
sbobet online
Nicely mega888 login presented mega888 apk for android information in this mega888 android download post, I prefer mega888 download apk to read this kind of stuff. The quality of content is fine and the conclusion is good. Thanks for the post mega888 download link.
BalasHapusThanks for sharing your thoughts with us.. they are really interesting.. I would like to rollex casino online swervey more from you.
BalasHapusVery interesting topic, can you Mega 888 post some further information on this subject.
BalasHapusHere are the myths you should know nearly gambling slot games: First is a myth. If a slot robot look at this site game runs according to a specific algorithm formula that affects the recompense circuit, although in general, slot games, gambling machine games have hundreds or even rounds and random numbers, there is one more matter to trust the gambler. Until they became users (that is, circuits that existed in gambling games), slot machines had a specific form of algorithm.
BalasHapus