A. Latar
Belakang
Bahasa sangat pentintg dalam kehidupan. Dengan bahasa
kita dapat menyampaikan keinginan pendapat dan perasaan. Dengan bahasa pula
kita dapat memahami dan mengetahui apa yang terjadi di dunia dan lingkungan
sekitar. Setiap orang memiliki kemampuan berbahasa.
Seiring kita jumpai anak yang pandai bercerita dengan
susunan kalimat yang benar sehingga orang yang mendengarkannya dapat menerima,
memahami jalan cerita tersebut, ternyata anak tersebut belum sekolah.
Namun, ketika anak mulai sekolah dan mendapat
pelajaran bahasa, keadaan menjadi terbalik. Bahasa yang semula merupakan hal
yang mudah dan mengasyikkan berubah menjadi pelajaran yang sulit (Goodman,
1986). Orang tua mengeluh tentang anaknya yang mendapat nilau kurang untuk
pelajaran Bahasa Indonesia.
Pelajaran bahasa yang seharusnya menyenangkan dan
mengasyikkan ternyata jauh dari harapan. Hal ini disebabkan karena di sekolah
bahasa diajarkan secara terpisah-pisah. Terpisah maksudnya guru mengajarkan
bahasa secara terpisah, misalnya membaca diajarkan pada jam yang berbeda dengan
menulis, demikian dengan yang lainnya.
Di samping itu materi yang diajarkan terlihat
artifilasi dan tidak relevan dengan kehidupan siswa, sehingga tidak menarik
bagi siswa. Contoh pelajaran menulis, siswa diminta untuk menulis karangan
tentang kehidupan di laut, padahal mereka belum pernah melihat laut, tentunya
siswa akan kesulitan.
Untuk memperbaiki pengajaran bahasa di beberapa
negara, seperti : Inggris, Australis, New Zealand, Kanada dan AS mulai
menerapkan pendekatan Whole Language pada sekitar tahun 80-an (Routman, 1991).
Whole Language adalah satu pendekatan pengajaran bahasa yang menyajikan
pengajaran bahasa secara utuh tidak terpisah-pisah. Para ahli Whole Language
berkeyakinan bahwa bahasa merupakan satu kesatuan (Whole) yang tidak dapat
dipisah-pisahkan. Oleh karena itu pengajaran keterampilan berbahasa dan
komponen bahasa seperti tata bahasa dan kosa kata disajikan secara utuh
bermakna dan dalam situasi nyata atau autentik.
B. Komponen-Komponen
Whole Language
Whole Language adalah cara untuk menyatukan pandangan
tentang bahasa, tentang pembelajaran dan tentang orang-orang yang terlibat
dalam pembelajara. Orang-orang yang dimaksud adalah siswa dan guru. Whole
Language dimulai dengan menumbuhkan lingkungan dimana bahasa diajarkan secara
utuh dan keterampilan bahasa (menyimak, berbicara, membaca dan menulis)
diajarkan secara terpadu. Anda da[at mencoba menerapkannya dengan mengetahui
komponen-komponen yang tedapat dalam Whole Language.
Menurut Routman (1991) dan Froese (1991) ada delapan
komponen Whole Language, yaitu :
- Reading aloud
- Journal writing
- Sustained silent reading
- Shared reading
- Guided reading
- Guided writing
- Independent reading
- Independent writing
Nah sekarang mari kita pelajari komponen Whole
Language tersebut satu per satu. Mari kita mulai dengan reading aloud.
Reading
aloud
Reading aloud adalah kegiatan membaca yang dilakukan
oleh guru untuk siswanya. Guru dapat menggunakan bacaan yang terdapat dalam
buku teks atau buku cerita lainnya dan membacakannya dengan suara keras dan
intonasi yang baik sehingga setiap siswa dapat mendengarkan dan menikmati
ceritanya. Kegiatan ini sangat bermanfaat terutama jika dilakukan di kelas
rendah.
Manfaat yang didapat dari reading aloud, antara lain :
meningkatkan keterampilan menyimak, memperkaya kosa kata, membantu meningkatkan
membaca pemahaman, dan yang tidak kalah penting adalah menumbuhkan minat baca
pada siswa. Reading aloud juga dapat dilakukan dan baik dilakukan di kelas
tinggi. Reading aloud dilakukan setiap hari saat mulai pelajaran.
Journal
writing
Journal writing atau menulis jurnal. Bagi guru yang
menerapkan Whole Language, menulis jurnal adalah komponen yang dapat dengan
mudah diterapkan. Jurnal merupakan sarana yang aman bagi siswa untuk
mengungkapkan perasaannya, menceritakan kejadian di sekitarnya, membeberkan
hasil belajarnya, dan menggunakan bahasa dalam bentuk tulisan.
Menulis jurnal bukanlah tugas yang harus dinilai namun
guru berkewajiban untuk membaca jurnal yang ditulis anak dan memberi komentar
atau respons terhadap tulisan tersebut sehingga ada dialog antara guru dan
siswa.
Banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari kegiatan
menulis jurnal ini. Manfaat tersebut, antara lain sebagai berikut :
- Meningkatkan kemampuan menulis. Dengan menulis jurnal siswa akan terbiasa mengungkapkan pikirannya dalam bentuk tulisan yang kemudian membantunya untuk mengembangkan kemampuan menulis.
- Meningkatkan kemampuan membaca. Siswa secara spontan akan membaca hasil tulisannya sendiri setiap ia selesai menulis jurnal.
- Menumbuhkan keberanian menghadapi resiko. Menulis jurnal bukanlah kegiatan yang harus dinilai maka siswa tidak perlu takut untuk berbuat salah. Kesempatan ini dapat digunakan sebagai sarana untuk bereksplorasi.
- Memberi kesempatan untuk membuat refleksi. Melalui jurnal siswa dapat merefleksi apa yang telag dipelajarinya atau dilakukannya.
- Memvalidasi pengalaman dan perasaan pribadi. Kejadian apa saja yang dialami oleh siswa baik di sekolah maupun di luar sekolah dapat diungkapkan dalam jurnal. Dengan menghargai apa yang ditulis siswa akan membuat siswa merasa dihargai.
- Memberikan tempat yang akam dan rahasia untuk menulis. Terutama untuk siswa kelas tinggi, jurnal adalah sarana untuk mengungkapkan perasaan pribadi. Jurnal ini sering disebut diary atau buku harian. Untuk jurnal jenis ini siswa boleh memilih apakah guru boleh membaca jurnalnya atau tidak.
- Meningkatkan kemampuan berpikir. Dengan meminta siswa menulis jurnal berarti melatih mereka melakukan proses berpikir, mereka berusaha mengingat kembali, memilih kejadian mana yang akan diceritakan, dan menyusun informasi yang dimiliki menjadi cerita yang dapat dipahami pembaca.
- Meningkatkan kesadaran akan peraturan menulis. Melalui menulis jurnal siswa belajar tata cara menulis, seperti penggunaan huruf besar, tanda baca dan struktur kalimat (tata bahasa). Siswa juga mulia menulis dengan menggunakan topik, judul, halaman, dan subtopik. Mereka juga menggunakan bentuk tulisan yang berbeda, seperti dialog (percakapan) dan cerita bersambung. Semua ini diajarkan tidak secara formal.
- Menjadi alat evaluasi. Siswa dapat melihat kembali jurnal yang ditulisnya dan menilai sendiri kemampuan menulisnya. Mereka dapat melihat komentar atau respons guru atas kemajuannya.
- Menjadi dokumen tertulis. Journal writing dapat digunakan siswa sebagai dokumen tertulis mengenai perkembangan hidup atau pribadinya. Setelah mereka dewasa, mereka dapat melihat kembali hal-hal apa yang pernah anggap penting pada waktu dulu.
Sustained
silent reading
Komponen Whole Language yang ketiga adalah sustained
silent reading (SSR). SSR adalah kegiatan membaca dalam hati yang dilakukan
oleh siswa. Dalam kegiatan ini siswa diberi kesempatan untuk memilih sendiri
buku atau materi yang akan dibavanya. Biarkan siswa untuk memilih bacaan yang
sesuai dengan kemampuannya sehingga mereka dapat menyelesaikan membaca bacaan
tersebut.
Guru dapat memberi contoh sikap membaca dalam hati
yang baik sehingga mereka dapat meningkatkan kemampuan membaca dalam hati untuk
waktu yang cukup lama. Pesan yang ingin disampaikan kepada siswa melalui
kegiatan ini adalah :
- Membaca adalah kegiatan penting yang menyenangkan.
- Membaca dapat dilakukan oleh siapapun.
- Membaca berarti kita berkomunikasi dengan pengarang buku tersebut.
- Siswa dapat membaca dan berkonsentrasi pada bacaannya dalam waktu yang cukup lama.
- Guru percaya bahwa siswa memahami apa yang mereka baca.
- Siswa dapat berbagi pengetahuan yang menarik dari materi yang dibacanya setelah kegiatan SSR berakhir.
Shared
reading
Komponen Whole Language yang keempat adalah shared
reading. Shared reading ini adalah kegiatan membaca bersama antara guru dan
siswa dimana setiap orang mempunyai buku yang sedang dibacanya. Kegiatan ini
dapat dilakukan baik di kelas rendah maupun di kelas tinggi. Ada beberapa cara melakukan
kegiatan ini, yaitu :
- Guru membaca dan siswa mengikutinya (untuk kelas rendah).
- Guru membaca dan siswa menyimak sambil melihat bacaan yang tertera pada buku.
- Siswa membaca bergiliran.
Maksud kegiatan ini adalah :
- Sambil melihat tulisan, siswa berkesempatan untuk memperhatikan guru membaca sebagai model.
- Memberikan kesempatan untuk memperlihatkan keterampilan membacanya.
- Siswa yang masih kurang terampil dalam membaca mendapat contoh membaca yang benar.
Dalam hal ini, anda telah melakukan shared reading.
Sebaiknya anda meneruskan kegiatan ini dengan melibatkan keterampilan lain,
seperti berbicara dan menulis agar kegiatan Anda menjadi kegiatan berbahasa
yang utuh dan riel.
Guided
reading
Komponen Whole Language yang kelima adalah guided
reading. Tidak seperti pada shared reading, dimana guru lebih berperan sebagai
model dalam membaca, dalam guided reading atau disebut juga membaca terbimbing,
guru menjadi pengamat dan fasilitator. Dalam guided reading semua siswa membaca
dan mendiskusikan buku yang sama. Guru melemparkan pertanyaan yang meminta
siswa menjawab dengan kritis, bukan sekedar pertanyaan pemahaman. Kegiatan ini
merupakan kegiatan membaca yang penting dilakukan di kelas.
Guided
writing
Komponen Whole Language yang keenam adalah guided writing
atau menulis terbimbing. Dalam menulis terbimbing peran guru adalah sebagai
fasilitator, membantu siswa menemukan apa yang ingin ditulisnya dan bagaiman
menulisnya dengan jelas, sistematis dan menarik. Guru bertindak sebagai
pendorong bukan pengatur, sebagai pemberi saran bukan pemberi petunjuk. Dalam
kegiatan ini proses writing, seperti memilih topik, membuat draft, memperbaiki,
dan mengedit dilakukan sendiroi oleh siswa.
Independent
reading
Komponen Whole Language yang ketujuh adalah
independent reading. Independent reading atau membaca bebas adalah kegiatan
membaca, dimana siswa berlesempatan untuk menentukan sendiri materi yang ingin
dibacanya. Membaca bebas merupakan bagian integral dari Whole Language. Dalam
independent reading siswa bertanggung jawab terhadap bacaan yang dipilihnya
sehingga peran guru pun berubah dari seorang pemrakarsa, model, dan pemberi
tuntunan menjadi seorang pengamat, fasilitator, dan pemberi respons. Menurut
penelitian yang dilakukan Anderson dkk (1988), membaca bebas yang diberikan
secara rutin walaupun hanya 10 menit sehari dapat meningkatkan kemampuan
membaca pada siswa.
Dalam memperkenalkan buku, sebaiknya anda juga
membahas tentang pengarang dan ilustrator yang biasanya tertuis di halaman
akhir. Jika tidak ada keterangan tertulis tentang pengarang atau ilustrator,
anda paling tidak dapat menyebutkan nama-nama mereka atau tambahkan sedikit
informasi yang anda ketahui. Hal ini penting dilakukan agar siswa sadar, bahwa
sesungguhnya buku itu ditulis oleh manusia bukan mesin.
Buku yang dibaca siswa untuk independent reading tidak
selalu harus didapat dari perpustakaan sekolah atau kelas atau disiapkan guru.
Siswa dapat saja mendapatkan buku daru berbagai sumber seperti perpustakaan
kota/kabupaten, buku-buku yang ada di rumah, di toko buku, pinjam teman atau
dari sumber lainnya.
Independent
writing
Komponen Whole Language yang kedelapan adalah
independen writing atau menulis bebas, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan
menulis, meningkatkan kebiasaan menulis, dan meningkatkan kemampuan berpikir
kritis. Dalam menulis bebas siswa mempunyai kesempatan untuk menulis tanpa ada
intervensi dari guru. Siswa bertanggung jawab sepenuhnya dalam proses menulis.
Jenis menulis yang termasuk dalam independent writing antara laian menulis jurnal,
dan menulis respons.
Jangan mencoba menerapkan semua komponen sekaligus
karena akan membingungkan siswa. Contoh dengan satu komponen dulu dan
perhatikan hasilnya. Jika siswa telah terbiasa menggunakan komponen tersebut
kemudian mencoba lagi menerapkan komponen yang lain.
C. Ciri-Ciri
Kelas Whole Language
Ada tujuh ciri yang menandakan kelas Whole Language.
Pertama, kelas yang menerapkan Whole Language penuh dengan barang cetakan.
Barang-barang tersebut tergantung di dinding, pintu, dan furniture. Label yang
dibuat siswa ditempel pada meja, kabinet, dan sudut belajar. Poster hasil kerja
siswa menghiasi dinding dan bulletin board. Karya tulis siswa dan chart yang
dibuat siswa menggantikan bulletin board yang dibuat guru. Salah satu sudut
kelas diubah menjadi perpustakaan yang dilengkapi berbagai jenis buku.
Kedua, di kelas Whole Language siswa belajar melalui
model atau contoh. Guru dan siswa bersama-sama melakukan kegiatan membaca,
menulis, menyimak, dan berbicara. Over Head Projector (OHP) dan transparansi
digunakan untuk memperagakan proses menulis. Siswa mendengarkan cerita melalui
tape recorder untuk mendapatkan contoh membaca yang benar.
Ketiga, di kelas Whole Language siswa bekerja dan
belajar sesuai dengan tingkat kemampuannya. Agar siswa dapat belajar sesuai
dengan tingkat perkembangannya maka di kelas tersedia buku dan materi yang
menunjang.
Keempat, dikelas Whole Language siswa berbagi tanggung
jawab dalam pembelajaran. Peran guru di kelas Whole Language lebih sebagai
fasilitator dan siswa mengambil alih beberapa tanggung jawab yang
biasanya dilakukan guru. Siswa membuat kumpulan kata (words banks), melakukan
brainstorming dan mengumpulkan fakta. Pekerjaan siswa ditulis pada chart dan
terpampang di seluruh ruangan. Siswa menjaga kebersihan dan kerapian kelas.
Kelima, di kelas Whole Language siswa terlibat secara
aktif dalam pembelajaran bermakna. Siswa secara aktif terlibat dalam kegiatan
pembelajaran yang membantu mengembangkan rasa tanggung jawab dan tidak
tergantung. Siswa terlibat dalam kegiatan kelompok kecil atau keinginan
individual.
Keenam, di kelas Whole Language siswa berani mengambil
resiko dan bebas bereksperimen. Guru di kelas Whole Language menyediakan
kegiatan belajar dalam berbagai tingkat kemampuan sehingga semua siswa dapat
berhasil. Hasil tulisan siswa dipajang tanpa ada tanda koreksi. Contoh hasil
kerja setiap siswa terpampang di seputar ruang kelas.
Ketujuh, di kelas Whole Language siswa mendapat
balikan (feedback) positif baik dari guru maupun temannya. Ciri kelas Whole
Language, bahwa pemberian feedback dilakukan dengan segera. Meja ditata
berkelompok agar memungkinkan siswa berdiskusi, berkolaborasi, dan melakukan
konferensi. Konferensi antara guru dan siswa memberi kesempatan pada siswa
untuk melakukan penilaian diri dan melihat perkembangan diri. Siswa yang
mempresentasikan hasil tulisannya mendapatkan respons positif dari temannya.
Hal ini dapat membangkitkan rasa percaya diri.
D. Penilaian
dalam Kelas Whole Language
Di dalam kelas Whole Language, guru senantiasa
memperhatikan kegiatan yang dilakukan siswa. Secara informal, selama
pembelajaran berlangsung, guru memperhatikan siswa menulis, mendengarkan siswa
berdiskusi baik dalam kelompok ataupun diskusi kelas. Ketika siswa
bercakap-cakap dengan temannya atau dengan guru, penilaian juga dilakukan,
bahkan guru juga memberikan penilaian saat siswa bermain selama waktu
istirahat.
Kemudian, penilaian juga berlangsung ketika siswa dan
guru mengadakan konferensi, guru memberikan penilaian pada siswa selama proses
pembelajaran berlangsung.
Selain penilaian informal, penilaian juga dilakukan
dengan menggunakan portofolio. Portofolio adalah kumpulan hasil kerja siswa
selama kegiatan pembelajaran. Dengan portofolio perkembangan siswa dapat
terlihat secara otentik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar