Senin, 26 Maret 2012

RPP SBK kelas 3 semester 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah         : SDIT Nurul El Khalieqy
Mata Pelajaran         : Seni Budaya dan Keterampilan.
Hari/Tanggal             :  Jum’at, 16 Maret 2012
Kelas/Semester        :  III/ 1
Pertemuan ke-          :  2
I.              STANDAR KOMPETENSI
·         Mengapresiasikan karya seni musik
II.            KOMPETENSI DASAR
·         Mengidentifikasi berbagai simbol nada dalam lagu sederhana
III.           INDIKATOR
·         Siswa dapat menyebutkan simbol nada
·         Siswa dapat menyebutkan macam-macam birama 2/4, ¾, 4/4
·         Siswa dapat mempraktekkan birama 2/4, ¾, 4/4 dengan memainkan musik dalam bentuk ansambel dengan alat musik sederhana
IV.          ALOKASI WAKTU
·         2 x 35 menit
V.           MATERI AJAR
·         Ritme berirama 2/4, 3/4, 4/4.
VI.          LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A.   Kegiatan Awal (7.00-07.10)
Apersepsi/Motivasi :
·      Mengisi daftar kelas, berdoa, absen, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·      Tepuk semangat.
·      Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca
·       Mengumpulkan tugas/PR

B.   Kegiatan Inti (07. 10-08.00)
  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Siswa mengamati media yang guru bawa
·         Guru menjelaskan materi “Ritme dan Birama”
·         Guru menjelaskan macam-macam birama 2/4, ¾, 4/4.
·         Guru melakukan tanya jawab kepada siswa tentang materi ritme dan birama
 Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·      Siswa dapat membedakan birama 2/4, ¾, 4/4.
·      Guru mempraktekkan birama 2/4, ¾, 4/4.
·      Siswa dapat mempraktekkan ulang birama 2/4, ¾, 4/4 bersama-sama
·      Guru memberikan tugas individu kepada siswa untuk mempraktekkan birama 2/4, ¾, 4/4 di depan kelas.
·      Guru mempraktekkan birama 2/4, ¾, 4/4 menggunakan lagu dan media yang sudah disediakan.
·      Guru memberikan tugas kelompok kepada siswa untuk mempraktekkan birama 2/4, ¾, 4/4 menggunakan lagu dan media yang sudah disediakan .
·      Guru  memberikan reward kepada kelompok yang mempraktekkannya dengan baik dan benar.
·      Guru memberikan PR kepada siswa.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, :
·      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
·      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
C.   Kegiatan Akhir
Evaluasi
·      Guru dan siswa berasama-sama mengucapkan hamdalah
·      Berdoa sebelum pulang
VII.         ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Sumber belajar :
Buku Paket  Seni Budaya dan Keterampilan kelas 3 SD/MI
   Alat :
·         Barang – barang bekas
Ø  Kaleng
Ø  Ember
Ø  Panci
Ø  Botol
Ø  Sendok
VIII.       METODE PEMBELAJARAN
·         Demonstrasi
·         Diskusi
·         Ceramah
·         Tanya jawab
·         Pemberian tugas
·         Bermain peran

IX.          PENILAIAN
1.    Teknis tes
·         Tes dan non tes
2.    Bentuk tes
·         Lisan
Ø  Keberanian menjawab atau mengeluarkan pendapat
Ø  Ketepatan jawaban
Ø  Keseriusan dan konsentrasi menyimak pembelajaran
·         Tertulis
Ø  Isian
·         Performance
Ø  Ketepatan dalam memilih alat musik
Ø  Keseriusan dan konsentrasi dalam memainkan alat musik

3.    Aspek yang dinilai
·         Aspek Afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerja sama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan keperdulian dalam lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan berdiskusi.
·         Aspek Psikomotorik
Komponen yang dinilai melalui ketepatan memilih bahan, keterampilan menggunakan peralatan dan menggunakan alat. Penilaian ini dilakukan saat siswa melakukan kegiatan memainkan alat perkusi.
·         Aspek Kognitif
Komponen yang dinilai melalui kemampuan menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru pada saat tes lisan.
PENILAIAN TES LISAN

NO
Nama Siswa
Keberanian menjawab/mengeluarkan pendapat
Ketepatan Jawaban
Keseriusan dan konsentrasi menyimak pembelajaran
Hasil































A         :  85 – 90 = BAIK
B         : 70 – 80 = CUKUP
C         : 50 – 60 = KURANG


Tes Performance
Individu
No
Nama Siswa
Keaktifan Siswa
Penguasaan Materi Birama
Suara
Hasil
Keterangan




































Keterangan kategori nilai :
A (Amat baik)            = 80 – 90
B (Baik )                     = 70 – 75
C ( Cukup )               = 60 – 65
K (Kurang)                = 50 – 55

Tes Performance
Kelompok
No
Nama Kelompok
kekompakan
Penguasaan Materi Birama
Suara
Hasil
Keterangan




































Keterangan kategori nilai :
A (Amat baik)            = 80 – 90
B (Baik )                     = 70 – 75
C ( Cukup )               = 60 – 65
K (Kurang)                = 50 – 55


X.           BAHAN AJAR
Ritme adalah pengaturan bunyi dalam waktu. Birama merupakan pembagian kelompok ketukan dalam waktu. Tanda birama menunjukkan jumlah ketukan dalam birama dan not mana yang dihitung dan dianggap sebagai satu ketukan. Nada-nada tertentu dapat diaksentuasi dengan pemberian tekanan (dan pembedaan durasi).




Pola ketukan / O . / O . /                                                                  K = Kaki
                        / K T / K T /                                                                 T = Tangan
                          1 2   1 2




Pola ketukan / O . . / O . . /
                        / K T T/ K T T /
                         1 2 3    1 2 3




Pola ketukan / O . . . / O . . . /
                        / K T T T/ K T T T/
                        1 2 3 4    1 2 3 4

Bekasi,      Maret 2012
Kepala Sekolah                                                                               Guru Bidang Studi


Drs. Hapidin, M.pd                                                                             Nurul Farida, S.PdI


1 komentar: