RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : SDIT Nurul El
Khalieqy
Mata Pelajaran : Seni Budaya dan Keterampilan.
Hari/Tanggal : Jum’at, 16 Maret 2012
Kelas/Semester : III/ 1
Pertemuan ke- : 2
I.
STANDAR KOMPETENSI
·
Mengapresiasikan karya seni musik
II.
KOMPETENSI DASAR
·
Mengidentifikasi berbagai simbol nada dalam
lagu sederhana
III.
INDIKATOR
·
Siswa dapat menyebutkan simbol nada
·
Siswa dapat menyebutkan macam-macam birama 2/4,
¾, 4/4
·
Siswa dapat mempraktekkan birama 2/4, ¾, 4/4
dengan memainkan musik dalam bentuk ansambel dengan alat musik sederhana
IV.
ALOKASI WAKTU
·
2 x 35 menit
V.
MATERI AJAR
·
Ritme berirama 2/4, 3/4, 4/4.
VI.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan Awal
(7.00-07.10)
Apersepsi/Motivasi :
· Mengisi daftar kelas, berdoa, absen, mempersiapkan
materi ajar, model, alat peraga.
· Tepuk semangat.
· Memperingatkan cara duduk yang baik
ketika menulis, membaca
· Mengumpulkan tugas/PR
B. Kegiatan Inti (07.
10-08.00)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·
Siswa mengamati media yang guru bawa
·
Guru menjelaskan materi “Ritme dan Birama”
·
Guru menjelaskan macam-macam birama 2/4, ¾,
4/4.
·
Guru melakukan tanya jawab kepada siswa tentang
materi ritme dan birama
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Siswa dapat membedakan birama 2/4, ¾, 4/4.
·
Guru mempraktekkan birama 2/4, ¾, 4/4.
·
Siswa dapat mempraktekkan ulang birama 2/4, ¾,
4/4 bersama-sama
·
Guru memberikan tugas individu kepada siswa
untuk mempraktekkan birama 2/4, ¾, 4/4 di depan kelas.
·
Guru mempraktekkan birama 2/4, ¾, 4/4
menggunakan lagu dan media yang sudah disediakan.
·
Guru memberikan tugas kelompok kepada siswa
untuk mempraktekkan birama 2/4, ¾, 4/4 menggunakan lagu dan media yang sudah
disediakan .
·
Guru memberikan
reward kepada kelompok yang mempraktekkannya dengan baik dan benar.
·
Guru memberikan PR kepada siswa.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, :
· Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa.
· Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
C. Kegiatan Akhir
Evaluasi
· Guru dan siswa berasama-sama mengucapkan
hamdalah
· Berdoa sebelum pulang
VII.
ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Sumber belajar :
Buku Paket Seni Budaya dan Keterampilan kelas 3 SD/MI
Alat :
·
Barang – barang bekas
Ø Kaleng
Ø Ember
Ø Panci
Ø Botol
Ø Sendok
VIII. METODE PEMBELAJARAN
·
Demonstrasi
·
Diskusi
·
Ceramah
·
Tanya jawab
·
Pemberian tugas
·
Bermain peran
IX.
PENILAIAN
1. Teknis tes
·
Tes dan non tes
2. Bentuk tes
·
Lisan
Ø Keberanian menjawab atau mengeluarkan
pendapat
Ø Ketepatan jawaban
Ø Keseriusan dan konsentrasi menyimak
pembelajaran
·
Tertulis
Ø Isian
·
Performance
Ø Ketepatan dalam memilih alat musik
Ø Keseriusan dan konsentrasi dalam
memainkan alat musik
3. Aspek yang dinilai
·
Aspek Afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerja sama,
keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan keperdulian dalam
lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan berdiskusi.
·
Aspek Psikomotorik
Komponen yang dinilai melalui ketepatan memilih bahan, keterampilan
menggunakan peralatan dan menggunakan alat. Penilaian ini dilakukan saat siswa
melakukan kegiatan memainkan alat perkusi.
·
Aspek Kognitif
Komponen yang dinilai melalui kemampuan menjawab pertanyaan yang
dilontarkan guru pada saat tes lisan.
PENILAIAN TES
LISAN
NO
|
Nama Siswa
|
Keberanian
menjawab/mengeluarkan pendapat
|
Ketepatan
Jawaban
|
Keseriusan
dan konsentrasi menyimak pembelajaran
|
Hasil
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
A : 85 – 90 = BAIK
B :
70 – 80 = CUKUP
C :
50 – 60 = KURANG
Tes Performance
Individu
No
|
Nama Siswa
|
Keaktifan Siswa
|
Penguasaan Materi Birama
|
Suara
|
Hasil
|
Keterangan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
kategori nilai :
A (Amat baik) = 80 – 90
B (Baik ) = 70 – 75
C ( Cukup ) = 60 – 65
K (Kurang) = 50 – 55
Tes Performance
Kelompok
No
|
Nama Kelompok
|
kekompakan
|
Penguasaan Materi Birama
|
Suara
|
Hasil
|
Keterangan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
kategori nilai :
A (Amat baik) = 80 – 90
B (Baik ) = 70 – 75
C ( Cukup ) = 60 – 65
K (Kurang) = 50 – 55
X.
BAHAN AJAR
Ritme adalah pengaturan bunyi dalam waktu. Birama merupakan pembagian
kelompok ketukan dalam waktu. Tanda birama menunjukkan jumlah ketukan dalam
birama dan not mana yang dihitung dan dianggap sebagai satu ketukan. Nada-nada
tertentu dapat diaksentuasi dengan pemberian tekanan (dan pembedaan durasi).
Pola
ketukan / O . / O . / K
= Kaki
/
K T / K T / T
= Tangan
1 2 1
2
Pola ketukan / O . . / O . . /
/
K T T/ K T T /
1 2 3
1 2 3
Pola ketukan / O . . . / O . . . /
/
K T T T/ K T T T/
1
2 3 4 1 2 3 4
Bekasi, Maret 2012
Kepala Sekolah Guru
Bidang Studi
Drs. Hapidin,
M.pd Nurul Farida, S.PdI
bu, proses eklsporasi nya kok ada 2 ya?
BalasHapusMohon bantuannya, tks