Untuk mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang
strategi pembelajaran Bahasa Indonesia dan efektivitasnya terhadap pencapaian
tujuan belajar, kajian pustaka penelitian ini akan difokuskan pada (1)
pembelajaran bahasa, (2) strategi pembelajaran Bahasa Indonesia, meliputi
metode dan teknik pembelajaran Bahasa Indonesia, dan (3) hasil pembelajaran
2.1
Pembelajaran Bahasa
Pembelajaran merupakan upaya membelajarkan siswa
Degeng (1989). Kegiatan pengupayaan ini akan mengakibatkan siswa dapat
mempelajari sesuatu dengan cara efektif dan efisien. Upaya-upaya yang dilakukan
dapat berupa analisis tujuan dan karakteristik studi dan siswa, analisis sumber
belajar, menetapkan strategi pengorganisasian, isi pembelajaran, menetapkan strategi
penyampaian pembelajaran, menetapkan strategi pengelolaan pembelajaran, dan
menetapkan prosedur pengukuran hasil pembelajaran. Oleh karena itu, setiap
pengajar harus memiliki keterampilan dalam memilih strategi pembelajaran untuk
setiap jenis kegiatan pembelajaran. Dengan demikian, dengan memilih strategi
pembelajaran yang tepat dalam setiap jenis kegiatan pembelajaran, diharapkan
pencapaian tujuan belajar dapat terpenuhi. Gilstrap dan Martin (1975) juga
menyatakan bahwa peran pengajar lebih erat kaitannya dengan keberhasilan
pebelajar, terutama berkenaan dengan kemampuan pengajar dalam menetapkan
strategi pembelajaran.
Belajar bahasa pada hakikatnya adalah belajar
komunikasi. Oleh karena itu, pembelajaran bahasa diarahkan untuk meningkatkan
kemampuan pebelajar dalam berkomunikasi, baik lisan maupun tulis (Depdikbud,
1995). Hal ini relevan dengan kurikulum 2004 bahwa kompetensi pebelajar bahasa
diarahkan ke dalam empat subaspek, yaitu membaca, berbicara, menyimak, dan
mendengarkan.
Sedangkan tujuan pembelajaran bahasa, menurut Basiran
(1999) adalah keterampilan komunikasi dalam berbagai konteks komunikasi.
Kemampuan yang dikembangkan adalah daya tangkap makna, peran, daya tafsir,
menilai, dan mengekspresikan diri dengan berbahasa. Kesemuanya itu dikelompokkan
menjadi kebahasaan, pemahaman, dan penggunaan. Sementara itu, dalam kurikulum
2004 untuk SMA dan MA, disebutkan bahwa tujuan pemelajaran Bahasa dan Sastra
Indonesia secara umum meliputi (1) siswa menghargai dan membanggakan Bahasa
Indonesia sebagai bahasa persatuan (nasional) dan bahasa negara, (2) siswa
memahami Bahasa Indonesia dari segi bentuk, makna, dan fungsi,serta
menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk bermacam-macam tujuan, keperluan,
dan keadaan, (3) siswa memiliki kemampuan menggunakan Bahasa Indonesia untuk
meningkatkan kemampuan intelektual, kematangan emosional,dan kematangan sosial,
(4) siswa memiliki disiplin dalam berpikir dan berbahasa (berbicara dan
menulis), (5) siswa mampu menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk mengembangkan
kepribadian, memperluas wawasan kehidupan, serta meningkatkan pengetahuan dan
kemampuan berbahasa, dan (6) siswa menghargai dan membanggakan sastra Indonesia
sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.
Untuk mencapai tujuan di atas, pembelajaran bahasa
harus mengetahui prinsip-prinsip belajar bahasa yang kemudian diwujudkan dalam
kegiatan pembelajarannya, serta menjadikan aspek-aspek tersebut sebagai
petunjuk dalam kegiatan pembelajarannya. Prinsip-prinsip belajar bahasa dapat
disarikan sebagai berikut. Pebelajar akan belajar bahasa dengan baik bila
(1) diperlakukan sebagai individu yang memiliki kebutuhan dan minat, (2)
diberi kesempatan berapstisipasi dalam penggunaan bahasa secara komunikatif
dalam berbagai macam aktivitas, (3) bila ia secara sengaja memfokuskan
pembelajarannya kepada bentuk, keterampilan, dan strategi untuk mendukung
proses pemerolehan bahasa, (4) ia disebarkan dalam data sosiokultural dan
pengalaman langsung dengan budaya menjadi bagian dari bahasa sasaran, (5) jika
menyadari akan peran dan hakikat bahasa dan budaya, (6) jika diberi umpan balik
yang tepat menyangkut kemajuan mereka, dan (7) jika diberi kesempatan untuk
mengatur pembelajaran mereka sendiri (Aminuddin, 1994).
2.2 Strategi
Pembelajaran Bahasa Indonesia
Pembicaraaan mengenai strategi pembelajaran bahasa
tidak terlepas dari pembicaraan mengenai pendekatan, metode, dan teknik
mengajar. Machfudz (2002) mengutip penjelasan Edward M. Anthony (dalam H.
Allen and Robert, 1972) menjelaskan sebagai berikut.
2.2.1
Pendekatan Pembelajaran
Istilah pendekatan dalam pembelajaran bahasa mengacu
pada teori-teori tentang hakekat bahasa dan pembelajaran bahasa yang berfungsi
sebagai sumber landasan/prinsip pengajaran bahasa. Teori tentang hakikat bahasa
mengemukakan asumsi-asumsi dan tesisi-tesis tentang hakikat bahasa,
karakteristik bahasa, unsur-unsur bahasa, serta fungsi dan pemakaiannya sebagai
media komunikasi dalam suatu masyarakat bahasa. Teori belajar bahasa
mengemukakan proses psikologis dalam belajar bahasa sebagaimana dikemukakan
dalam psikolinguistil. Pendekatan pembelajaran lebih bersifat aksiomatis dalam
definisi bahwa kebenaran teori-teori linguistik dan teori belajar bahasa yang
digunakan tidak dipersoalkan lagi. Dari pendekatan ini diturunkan metode pembelajaran
bahasa. Misalnya dari pendekatan berdasarkan teori ilmu bahasa struktural yang
mengemukakan tesis-tesis linguistik menurut pandangan kaum strukturalis dan
pendekatan teori belajar bahasa menganut aliran behavioerisme diturunkan metode
pembelajaran bahasa yang disebut Metode Tata Bahasa (Grammar Method).
2.2.2 Metode
Pembelajaran
Istilah metode berarti perencanaan secara menyeluruh
untuk menyajikan materi pelajaran bahasa secara teratur. Istilah ini bersifat
prosedural dalam arti penerapan suatu metode dalam pembelajaran bahasa
dikerjakan dengan melalui langkah-langkah yang teratur dan secara bertahap,
dimulai dari penyusunan perencanaan pengajaran, penyajian pengajaran, proses
belajar mengajar, dan penilaian hasil belajar.
Dalam strategi pembelajaran, terdapat variabel metode
pembelajaran dapat diklasifikasikan menjadi tiga jenis, yaitu strategi
pengorganisasian isi pembelajaran, (b) strategi penyampaian pembelajaran, dan
(c) startegi pengelolaan pembelajaran (Degeng, 1989). Hal ini akan dijelaskan
sebagai berikut.
(a)
Strategi
Pengorganisasian Isi Pembelajaran
Adalah metode untuk mengorganisasikan isi bidang studi
yang telah dipilih untuk pembelajaran. “Mengorganisasi” mengacu pada tindakan
seperti pemilihan isi, penataan isi, pembuatan diagram, format, dan lain-lain
yang setingkat dengan itu. Strategi penyampaian pembelajaran adalah metode
untuk menyampaikan pembelajaran kepada pebelajar untuk menerima serta merespon
masukan yang berasal dari pebelajar. Adapun startegi pengelolaan pembelajaran
adalah metode untuk menata interaksi antara pebelajar dengan variabel
pengorganisasian dan penyampaian isi pembelajaran.
Strategi pengorganisasian isi pembelajaran dibedakan
menjadi dua jenis, yaitu strategi pengorganisasian pada tingkat mikro dan makro.
Strategi mikro mengacu pada metode untuk mengorganisasian isi pembelajaran yang
berkisar pada satu konsep atau prosedur atau prinsip. Sedangkan strategi makro
mengacu pada metode untuk mengorganisasi isis pembelajaran yang melibatkan
lebih dari satu konsep atau prosedur atau prinsip. Strategi makro lebih banyak
berurusan dengan bagaimana memilih, menata ururtan, membuat sintesis, dan
rangkuman isi pembelajaran yang paling berkaitan. Penataan ururtan isi mengacku
pada keputusan tentang bagaimana cara menata atau menentukan ururtan konsep,
prosedur atau prinsip-prinsip hingga tampak keterkaitannya dan menjadi mudah
dipahami.
(b)
Strategi
Penyampaian Pembelajaran
Strategi penyampaian pembelajaran merupakan komponen
variabel metode untuk melaksanakan proses pembelajaran. Strategi ini memiliki
dua fungsi, yaitu (1) menyampaikan isi pembelajaran kepada pebelajar, dan (2)
menyediakan informasi atau bahan-bahan yang diperlukan pebelajar untuk
menampilkan unjuk kerja (seperti latihan tes).
Secara lengkap ada tiga komponen yang perlu
diperhatikan dalam mendeskripsikan strategi penyampaian, yaitu (1) media
pembelajaran, (2) interaksi pebelajar dengan media, dan (3) bentuk belajar
mengajar.
(1)
Media
Pembelajaran
Media pembelajaran adalah komponen strategi
penyampaian yang dapat dimuat pesan yang akan disampaikan kepada pebelajar baik
berupa orang, alat, maupun bahan. Interkasi pebelajar dengan emdia adalah
komponen strategi penyampaian pembelajaran yang mengacu kepada kegiatan
belajar. Adapun bentuk belajar mengajar adalah komponen strategi penyampaian
pembelajaran yang mengacu pada apakah pembelajaran dalam kelompok besar,
kelompok kecil, perseorangan atau mandiri (Degeng, 1989).
Martin dan Brigss (1986) mengemukakan bahwa media
pembelajaran mencakup semua sumber yang diperlukan untuk melakukan komunikasi
dengan pembelajaran.
Essef dan Essef (dalam Salamun, 2002) menyebutkan tiga
kriteria dasar yang dapat digunakan untuk menyeleksi media, yaitu (1) kemampuan
interaksi media di dalam menyajikan informasi kepada pebelajar, menyajikan
respon pebelajar, dan mengevaluasi respon pebelajar, (2) implikasi biaya atau
biaya awal melipui biaya peralatan, biaya material (tape, film, dan lain-lain)
jumlah jam yang diperlukan, jumlah siswa yang menerima pembelajaran, jumlah jam
yang diperlukan untuk pelatihan, dan (3) persyaratan yang mendukungh atau biaya
operasional.
(2)
Interaksi
Pebelajar Dengan Media
Bentuk interaksi antara pembelajaran dengan media
merupakan komponen penting yang kedua untuk mendeskripsikan strategi
penyampaian. Komponen ini penting karena strategi penyampaian tidaklah lengkap
tanpa memebri gambaran tentang pengaruh apa yang dapat ditimbulkan oleh suatu
media pada kegiatan belajar siswa. Oleh sebab itu, komponen ini lebih menaruh
perhatian pada kajian mengenai kegiatan belajar apa yang dilakukan oleh siswa
dan bagaimana peranan media untuk merangsang kegiatan pembelajaran.
(3)
Bentuk
Belajar Mengajar
Gagne (1968) mengemukakan bahwa “instruction designed
for effective learning may be delivered in a number of ways and may use a
variety of media”. Cara-cara untuk menyampaikan pembelajaran lebih mengacu pada
jumlah pebelajar dan kreativitas penggunaan media. Bagaimanapun juga
penyampaian pembelajaran dalam kelas besar menuntu penggunaan jenis media yang
berbeda dari kelas kecil. Demikian pula untuk pembelajaran perseorangan dan
belajar mandiri.
(c)
Strategi
Pengelolaan Pembelajaran
Strategi pengelolaan pembelajaran merupakan komponen
variabel metode yang berurusan dengan bagaimana interaksi antara pebelajar
dengan variabel-variabel metode pembelajaran lainnya. Strategi ini berkaitan
dengan pengambilan keputusan tentang strategi pengorganisasian dan strategi penyampaian
tertentu yang digunakan selama proses pembelajaran. Paling sedikit ada empat
klasifikasi variabel strategi pengelolaan pembelajaran yang meliputi (1)
penjadwalan penggunaan strategi pembelajaran, (2) pembuatan catatan kemajuan
belajar siswa, dan (3) pengelolaan motivasional, dan (4) kontrol belajar.
Penjadwalan penggunaan strategi pembelajaran atau
komponen suatu strategi baik untuk strategi pengorganissian pembelajaran maupun
strategi penyampaian pembelajaran merupakan bagian yang penting dalam
pengelolaan pembelajaran. Penjadwalan penggunaan strategi
pengorganisasian pembelajaran biasanya mencakup pertanyaan “kapan dan berapa
lama siswa menggunakan setiap komponen strategi pengorganisasian”. Sedangkan
penjadwalan penggunaan strategi penyampaian melibatkan keputusan, misalnya
“kapan dan untuk berapa lama seorang siswa menggunakan suatu jenis media”.
Pembuatan catatan kemajuan belajar siswa penting
sekali bagi keperluan pengambilan keputusan-keputusan yang terkait dengan
strategi pengelolaan. Hal ini berarti keputusan apapun yang dimabil haruslah
didasarkan pad ainformasi yang lengkap mengenai kemajuan belajar siswa tentang
suatu konsep, prosedur atau prinsip? Bila menggunakan pengorganisasian dengan
hierarki belajar, keputusna yang tepat mengenai unsur-unsur mana saja yang ada
dalam hierarki yang diajarkan perlu diambil. Semua ini dilakukan hanya apabila
ada catatan yang lengkap mengenai kemajuan belajar siswa.
Pengelolaan motivasional merupakan bagian yang amat
penting dari pengelolaan inetraksi siswa dengan pembelajaran. Gunanya untuk
meningkatkan motivasi belajar siswa. Sebagian besar bidang kajian studi
sebenarnya memiliki daya tarik untuk dipelajari, namun pembelajaran gagal
menggunakannya sebagai alat motivasional. Akibatnya, bidang studi kehilangan
daya tariknya dan yang tinggal hanya kumpulan fakta dan konsep, prosedur atau
prinsip yang tidak bermakna.
Jack C. Richards dan Theodore S. Rodgers (dalam
Machfudz, 2002) menyatakan dalam bukunya “Approaches and Methods in Language
Teaching” bahwa metode pembelajaran bahasa terdiri dari (1) the oral
approach and stiuasional language teaching, (2) the audio lingual method,
(3) communicative language teaching, (4) total phsyical response,
(5) silent way, (6) community language learning, (7) the natural
approach, dan (8) suggestopedia.
Saksomo (1984) menjelaskan bahwa metode dalam
pembelajaran Bahasa Indonesia antara lain (1) metode gramatika-alih bahasa, (2)
metode mimikri-memorisasi, (3) metode langsung, metode oral, dan metode alami,
(4) metode TPR dalam pengajaran menyimak dan berbicara, (5) metode diagnostik
dalam pembelajaran membaca, (6) metode SQ3R dalam pembelajaran membaca
pemahaman, (7) metode APS dan metode WP2S dalam pembelajaran membaca permulaan,
(8) metode eklektik dalam pembelajaran membaca, dan (9) metode SAS dalam
pembelajaran membaca dan menulis permulaan.
Menurut Reigeluth dan Merril (dalam Salamun, 2002)
menyatakan bahwa klasifikasi variabel pembelajaran meliputi (1) kondisi
pembelajaran, (2) metode pembelajaran, dan (3) hasil pembelajaran.
(1)
Kondisi
Pembelajaran
Kondisi pembelajaran adalah faktor yang mempengaruhi
efek metode dalam meningkatkan hasil pembelajaran (Salamun, 2002). Kondisi ini
tentunya berinteraksi dengan metode pembelajaran dan hakikatnya tidak dapat dimanipulasi.
Berbeda dengan halnya metode pembelajaran yang didefinisikan sebagai cara-cara
yang berbeda untuk mencapai hasil pembelajaran yang berbeda di bawah kondisi
pembelajaran yang berbeda. Semua cara tersebut dapat dimanipulasi oleh
perancang-perancang pembelajaran. Sebaliknya, jika suatu kondisi pembelajaran
dalam suatu situasi dapat dimanipulasi, maka ia berubah menjadi metode
pembelajaran. Artinya klasifikasi variabel-variabel yang termasuk ke dalam
kondisi pembelajaran, yaitu variabel-variabelmempengaruhi penggunaan metode
karena ia berinteraksi dengan metode danm sekaligus di luar kontrol
perancang pembelajaran. Variabel dalam pembelajaran dapat dikelompokkan menjadi
tiga bagian, yaitu (a) tujuan dan karakteristik bidang stuydi, (bahasa) kendala
dan karakteristik bidang studi, dan (c) karakteristik pebelajar.
(2)
Metode
Pembelajaran
Machfudz (2000) mengutip penjelasan Edward M. Anthony
(dalam H. Allen and Robert, 1972) menjelaskan bahwa istilah metode dalam
pembelajaran Bahasa Indonesia berarti perencanaan secara menyeluruh untuk
menyajikan materi pelajaran bahasa secara teratur. Istilah ini lebih bersifat
prosedural dalam arti penerapan suatu metode dalam pembelajaran bahasa
dikerjakan dengan melalui langkah-langkah yang teratur dan secara bertahap,
dimulai dari penyusunan perencanaan pengajaran, penyajian pengajaran, proses
belajar mengajar, dan penilaian hasil belajar. Sedangkan menurut Salamun
(2002), metode pembelajaran adalah cara-cara yang berbeda untuk mencapai hasil
pembelajaran yang berbeda di bawah kondisi yang berbeda. Jadi dapat disimpulkan
bahwa metode pembelajaran adalah sebuah cara untuk perencanaan secara utuh
dalam menyajikan materi pelajaran secara teratur dengan cara yang berbeda-beda
untuk mencapai hasil pembelajaran yang berbeda di bawah kondisi yang berbeda.
(3)
Hasil
Pembelajaran
Hasil pembelajaran adalah semua efek yang dapat
dijadikan sebagai indikator tentang nilai dari penggunaan metode pembelajaran
(Salamun, 2002). Variabel hasil pembelajaran dapat diklasifikasikan menjadi
tiga bagian, yaitu kefektifav, (2) efisiensi, dan (3) daya tarik.
Hasil pembelajaran dapat berupa hasil nyata (actual
outcomes), yaitu hasil nyata yang dicapai dari penggunaan suatu metode di bawah
kondisi tertentu, dan hasil yang diinginkan (desired outcomes), yaitu tujuan
yang ingin dicapai yang sering mempengaruhi keputusan perancang pembelajaran
dalam melakukan pilihan metode sebaiknya digunakan klasifikasi
variabel-variabel pembelajaran tersebut secara keseluruhan ditunjukkan dalam
diagram berikut.
Kondisi
|
Tujuan dan
karakteristik bidang studi
|
Kendala
dan karakteristik bidang studi
|
Karakteristik
siswa
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
Metode
|
Strategi
pengorganisasian pembelajaran: strategi makro dan strategi mikro
|
Strategi
penyampaian pembelajaran
|
Strategi
pengelolaan pembelajaran
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Hasil
|
Keefektifan, efisiensi, dan daya tarik pembelajaran
|
Diagram 1: Taksonomi
variabel pembelajaran (diadaptasi dari Reigeluth dan Stein: 1983)
Keefektifan pembelajaran dapat diukur dengan tingkat
pencapaian pebelajar. Efisiensi pembelajaran biasanya diukur rasio antara
jefektifan dan jumlah waktu yang dipakai pebelajar dan atau jumlah biaya
pembelajaran yang digunakan. Daya tatik pembelajaran biasanya juga dapat diukur
dengan mengamati kecenderungan siswa untun tetap terus belajar. Adapaun daya
tarik pembelajaran erat sekali dengan daya tarik bidang studi. Keduanya dipengaruhi
kualitas belajar.
2.2.3 Teknik
Pembelajaran
Istilah teknik dalam pembelajaran bahasa mengacu pada
pengertian implementasi perencanaan pengajaran di depan kelas, yaitu penyajian
pelajaran dalam kelas tertentu dalam jam dan materi tertentu pula. Teknik
mengajar berupa berbagai macam cara, kegiatan, dan kiat (trik) untuk menyajikan
pelajaran dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Teknik pembelajaran
bersifat implementasi, individual, dan situasional.
Saksomo (1983) menyebutkan teknik dalam pembelajaran
Bahasa Indonesia antara lain (1) ceramah, (2) tanya—jawab , (3) diskusi, (4)
pemebrian tugas dan resitasi, (5) demonstrasi dan eksperimen, (6) meramu
pendapat (brainstorming), (7) mengajar di laboratorium, (8) induktif,
inkuiri, dan diskoveri, (9) peragaan, dramatisasi, dan ostensif, (10) simulasi,
main peran, dan sosio-drama, (11) karya wisata dan bermain-main, dan (12)
eklektik, campuran, dan serta—merta.
DAFTAR
PUSTAKA
Basiran, Mokh. 1999. Apakah yang
Dituntut GBPP Bahasa Indonesia Kurikulum 1994?. Yogyakarta: Depdikbud
Darjowidjojo, Soenjono. 1994. Butir-butir
Renungan Pengajaran Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Asing. Makalah
disajikan dalam Konferensi Internasional Pengajaran Bahasa Indonesia sebagai
Bahasa Asing. Salatiga: Univeristas Kristen Satya Wacana
Degeng, I.N.S. 1997. Strategi
Pembelajaran Mengorganisasi Isi dengan Model Elaborasi. Malang: IKIP dan
IPTDI
Depdikbud. 1995. Pedoman Proses
Belajar Mengajar di SD. Jakarta: Proyek Pembinaan Sekolah Dasar
Machfudz, Imam. 2000. Metode
Pengajaran Bahasa Indonesia Komunikatif. Jurnal Bahasa dan Sastra UM
Moeleong,
Lexy J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja
Rosyda Karya.
Saksomo, Dwi. 1983. Strategi
Pengajaran Bahasa Indonesia. Malang: IKIP Malang
Salamun, M. 2002. Strategi
Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren. Tesis.. Tidak diterbitkan
Sholhah, Anik. 2000. Pertanyaan
Tutor dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing di UM.
Skripsi. Tidak diterbitkan.
Subyakto, Sri Utari. 1988. Metodologi
Pengajaran Bahasa. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud
Sugiono, S. 1993. Pengajaran
Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Asing. Makalah disajikan dalam Konferensi
Bahasa Indonesia; VI. Jakarta: 28 Oktober—2 Nopember 1993
Suharyanto. 1999. Pembelajaran
Bahasa Indonesia di SD. Yogyakarta: Depdikbu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar